Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sepak Terjang Ma’ruf Amin dalam Ekonomi Syariah

Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin sudah lama malang melintang dalam dunia ekonomi syariah Indonesia.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 13 April 2019  |  22:54 WIB
Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin beserta istri tiba di lokasi debat putaran terakhir jelang Pemilihan Presiden 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (13/4/2019). - JIBI/Felix Jody Kinarwan
Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin beserta istri tiba di lokasi debat putaran terakhir jelang Pemilihan Presiden 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (13/4/2019). - JIBI/Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA — Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma’ruf Amin selain dikenal sebagai ulama, juga dikenal dalam kegiatan perekonomian syariah nasional.

Pria kelahiran 11 Maret 1943 itu telah lama malang melintang di industri perbankan, khususnya bisnis keuangan syariah. Pasalnya, Ma’ruf pernah menjabat sebagai Ketua Harian Dewan Syariah Nasional (DSN) Majelis Ulama Indonesia (MUI).

DSN-MUI dibentuk dalam rangka mewujudkan aspirasi umat Islam mengenai masalah perekonomian dengan para pakar yang berlatar belakang disiplin, keilmuan ekonomi dan fiqih Islam yang melahirkan akad dan transaksi keuangan berbasis prinsip Islam.

Dia memulai kiprahnya di dalam ekonomi keumatan pada 1970. Saat itu, Ma’ruf menjadi anggota Badan Amil Zakat, Infaq, dan Shadaqah.

Pada 1999, dia didapuk menjadi Anggota Komite Ahli Pengembangan Bank Syariah Bank Indonesia (BI).

Sejak dibentuknya Komite Pengembangan Jasa Keuangan Syariah (KPJKS) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 2014, Ma’ruf menduduki posisi ex-Officio hingga saat ini. Tugasnya adalah memberikan rekomendasi kebijakan strategis dan operasional di bidang pengembangan jasa keuangan syariah.

Selain itu, pria yang menyandang gelar Doktor Honoris Causa pada bidang Hukum Ekonomi Syariah dari Pasca Sarjana Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta pada 2012 itu sekarang menjabat sebagai Ketua Dewan Pengawas Syariah (DPS) di empat bank yang berbasis syariah.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

syariah Debat Capres Ma'ruf Amin
Editor : Annisa Margrit

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top