KENAL DAPIL : Ambisi Miing Bagito Menembus Dinasti Politik di Dapil Banten I

Pernah diutus sebagai anggota DPR dari Provinsi Banten, kini Dedy Gumelar menjajal lagi peruntungannya melalui Partai Amanat Nasional (PAN).
Samdysara Saragih
Samdysara Saragih - Bisnis.com 13 April 2019  |  18:48 WIB

Kabar24.com, JAKARTA — Komedian Dedy ‘Miing’ Gumelar mendapatkan kesempatan kedua untuk menjadi calon anggota DPR dari Provinsi Banten pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019.

Dia pernah diutus Daerah Pemilihan Banten I ke DPR periode 2009—2014 melalui Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Namun, PDIP tak lagi mengikutsertakan Miing dalam Pileg 2014.

Berlaganya kembali skuad grup lawak Bagito tersebut di Dapil Banten I pun tidak lagi melalui PDIP. Miing kini dicalonkan oleh Partai Amanat Nasional (PAN).

Pada Pileg 2014, PAN tidak mendapatkan satu kursi pun di Dapil Banten I. Perolehan suaranya hanya di peringkat kesepuluh, sementara kuota yang tersedia adalah enam kursi.

Peluang Miing untuk kembali ke DPR tidak mudah karena kompetitornya merupakan anggota keluarga politik di Kabupaten Lebak dan Kabupaten Pandeglang, wilayah cakupan Dapil Banten I. Keluarga bekas Bupati Lebak Mulyadi Jayabaya diwakili oleh dua calon anggota legislatif (caleg) petahana, Mochamad Hasbi Asyidiki Jayabaya dan Vivi Sumantri Jayabaya.

Mantan Bupati Pandeglang Achmad Dimyati Natakusumah pun ikut berkontes lewat Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Dua anaknya, Rizki Aulia Rahman Natakusumah dan Rizka Amalia Ramadhani Natakusumah, bahkan terdaftar di Dapil Banten I masing-masing mengendarai Partai Demokrat dan Partai Nasdem.

Sementara itu, istri Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, Adde Rossi Khoerunnisa, dicalonkan oleh Partai Golkar. Posisi menantu mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah itu serupa dengan suaminya pada Pileg 2014 yang membuahkan kursi Senayan.

Ketika Andika harus mundur dari DPR untuk mengikuti Pemilihan Gubernur Banten 2017, penggantinya adalah Ace Hasan Syadzily. Namun, pada Pileg 2019 Ace justru dipindahkan partainya ke Dapil Jawa Barat II.

Minus Ace Hasan dan Beni Sudrajat, empat petahana kembali menjadi caleg dari Dapil Banten I.

 PETAHANA DAPIL BANTEN I 

Partai Politik 

Petahana 

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan 

Mochamad Hasbi Asyidiki Jayabaya 

Partai Golkar 

Ace Hasan Syadzily 

Partai Gerindra 

Anda 

Partai Demokrat 

Vivi Sumantri Jayabaya 

Partai Nasdem 

Beni Sudrajat 

Partai Persatuan Pembangunan 

Abdul Halim 

   Sumber: DPR

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
banten, caleg, dapil, Pemilu 2019

Editor : Stefanus Arief Setiaji

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top