Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Survei SMRC: Jokowi-Amin Unggul 19,8 Persen dari Prabowo-Sandi

Elektabilitas calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin selisih 19,8% dari pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Bisnis.com, JAKARTA - Elektabilitas calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin  alias Jokowi-Amin lebih tinggi 19,8 persen dari pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno alias Prabowo-Sandi.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan lembaga Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) 5-8 April 2019, elektabilitas Jokowi-Amin sebesar 56,8%. Sementara Prabowo-Sandi mendapat 37% dukungan dan 6,3% responden mengaku tidak tahu pilihannya di pilpres 2019.

"Secara statistik selisihnya signifikan, Jokowi-Amin unggul atas Prabowo-Sandi," kata Direktur Riset SMRC Deni Irvani di kantornya, Jumat (12/4/2019).

Jika dianalisis tingkat kepercayaan survei tersebut, maka SMRC memprediksi elektabilitas Jokowi-Amin kira-kira berada di kisaran 54,5% sampai 59%. Kemudian tingkat keterpilihan Prabowo-Sandi 34,8% sampai 39,2%.

Elektabilitas Jokowi-Amin relatif stabil jika dibandingkan dengan hasil survei SMRC Februari lalu. Sementara tingkat keterpilihan Prabowo-Sandi cenderung naik di periode yang sama.

"Elektabilitas Jokowi-Aminrelatif stabil dari 57,6% sampai 56,8%. Lalu Prabowo-Sandi ada perubahan positif dalam dua bulan dari 31,8% menjadi 37%. [Responden] yang tidak tahu turun dari 10,6% sampai 6,3%. Maka Prabowo-Sandiaga mengambil undecided, yang kami taksir begitu," katanya.

Survei SMRC melibatkan 2.568 orang dari seluruh provinsi di Indonesia. Responden yang berhasil diwawancarai mencapai 2.285 orang. Margin of Error survei 2,1% pada tingkat kepercayaan 95%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lalu Rahadian
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper