Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Pemungutan Suara, Distribusi Form C6 di Mesir Capai 87 Persen

Hingga 8 April 2019Distribusi surat pemberitahuan pemungutan suara kepada pemilih atau Formulir C6 untuk WNI di Mesir telah mencapai 87 persen.
Ilustrasi/JIBI-Dwi Prasetya
Ilustrasi/JIBI-Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA - Sebagian besar WNI di Mesir dilaporkan telah menerima surat pemberitahuan pemungutan suara.

Hingga 8 April 2019Distribusi surat pemberitahuan pemungutan suara kepada pemilih atau Formulir C6 untuk WNI di Mesir telah mencapai 87 persen.

Ketua Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Kairo Muhammad Amin Samad menjelaskan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) PPLN Mesir tercatat sebanyak 7.671 orang, demikian keterangan pers KBRI Kairo yang diterima Antara, Rabu (10/4/2019).

Dari jumlah tersebut, sebanyak 7.411 calon pemilih akan memberikan suara melalui Tempat Pemungutan Suara (TPS), 201 calon pemilih melalui Kotak Suara Keliling (KSK), serta 50 calon pemilih mengirim suara melalui pos.

PPLN Kairo memiliki 75 orang petugas untuk pemilihan melalui TPS, tiga orang petugas untuk pemilihan melalui KSK, serta tiga orang petugas untuk pemilihan melalui pos.

Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN) telah dilepas untuk mulai melaksanakan pemungutan suara bagi DPT KSK di Provinsi Ismailiah dan Port Said, serta di Mansourah pada 11 April 2019, dan di Alexandria pada 12 April 2019.

Sementara itu, pengiriman surat bagi DPT Pos telah dilaksanakan sejak 15 Maret 2019 dan hingga saat ini KPPSLN Pos sudah menerima beberapa surat suara, yang telah dicoblos, dari WNI DPT Pos.

Dalam acara Doa Bersama Menjelang Pemilu Serentak 2019 di Wisma Duta, Mesir, Selasa (9/4), Amin Samad melaporkan langkah-langkah persiapan PPLN Kairo menjelang pemungutan suara di TPS Kairo pada Sabtu (13/4) mendatang.

Persiapan tersebut mencakup rapat koordinasi dengan tim pengamanan pemilu, yang telah dibentuk di bawah Koordinasi Kantor Atase Pertahanan dan Perbinlu (Perwakilan BIN Luar Negeri). Tim tersebut terdiri dari 40 personel, termasuk 10 personel keamanan dari Kepolisian Kementerian Dalam Negeri Mesir.

Dalam rapat tim pengamanan pemilu, yang dihadiri Atase Pertahanan dan Perbinlu, Koordinator Tim Pengamanan dan Penanggung Jawab Jemputan Bus telah memberikan arahan dan pembagian tugas kepada para petugas pengamanan pemilu serta pengaturan petugas bus yang menjelaskan di titik-titik mana bus akan menjemput WNI DPT yang akan menuju TPS di KBRI Kairo.

Amin juga menyampaikan secara ringkas laporan persiapan hari-H Pemilu Serentak 2019 dan menjelaskan seluruh logistik pemilu sudah lengkap, termasuk penetapan lokasi 15 TPS di lingkungan KBRI Kairo.

"Dengan dukungan dari semua pihak, khususnya Duta Besar RI Kairo, staf KBRI Kairo, dan seluruh anggota KPPSLN, Panwaslu dan PPMI, kami yakin bahwa partisipasi 75 persen dari DPT di Mesir akan tercapai dan optimistis dengan target turn out yang sangat tinggi tersebut,” ujar Amin.

Agenda rapat lainnya juga membahas pengamanan kotak suara, yang disegel setelah pencoblosan dan akan disimpan ke dalam gudang kota suara, yang dijamin kerahasiaannya dengan memasang CCTV dan menugaskan personel pengamanan selama 24 jam secara bergilir di depan gudang kotak suara, mulai 13 April malam sampai 17 April 2019 pada hari penghitungan suara.

Selain itu, Amin melaporkan bahwa KBRI Kairo telah menyampaikan Nota Diplomatik kepada Kementerian Luar Negeri Republik Arab Mesir dan tembusan ditujukan kepada kantor National Security, Kementerian Dalam Negeri, mengenai penyelenggaraan Pemilu Serentak Tahun 2019 di KBRI dan di beberapa daerah di dalam wilayah Republik Arab Mesir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper