Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KENAL DAPIL : Kasus Taufik Kurniawan dan Rommy Untungkan Siapa di Dapil Jateng VII ?

Nama Romahurmuziy dan Taufik Kurniawan bercokol di daftar calon anggota legislatif dari Daerah Pemilihan Jawa Tengah VII.

Kabar24.com, JAKARTA — Masyarakat Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara, dan Kebumen mungkin sempat berbangga dengan tiga wakilnya di DPR yang menjadi tokoh politik di Jakarta.

Diawali dari politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Taufik Kurniawan yang menjadi Wakil Ketua DPR pada 2014. Tahun lalu, politisi Partai Golkar Bambang Soesatyo ditunjuk untuk menduduki jabatan yang lebih tinggi yakni Ketua DPR.

Tak kalah mentereng adalah politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhammad Romahurmuziy yang memimpin partai politik berlambang Ka’bah tersebut sejak Oktober 2014. Kendati muncul sengketa internal, Romahurmuziy alias Rommy dinyatakan sah memimpin PPP.

Celakanya, Taufik dan Rommy kemudian terjerat dalam kasus dugaan suap. Keduanya dipastikan kehilangan posisi yang dipegang selama hampir 5 tahun.

Sebelum kasusnya mencuat, Taufik telah didaftarkan PAN sebagai calon anggota legislatif (caleg) kembali di Daerah Pemilihan Jawa Tengah VII yang mencakup Purbalingga, Banjarnegara, dan Kebumen. Setelah jadi tersangka, nama Taufik masih bercokol di daftar calon tetap mengingat kasusnya belum berkekuatan hukum tetap.

Kasus korupsi patut membuat PAN dan PPP waswas. Pasalnya, pada Pileg 2014 dua parpol tersebut meloloskan Taufik dan Romi dengan modal perolehan suara di peringkat enam dan tujuh.

Keunggulan suara PAN dan PPP tak terlampau jauh dari Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Demokrat yang nirkursi. Jika kasus korupsi tersebut berefek negatif, upaya mempertahankan kursi berpotensi semakin berat.

Minus Romi, enam nama petahana kembali dipasang di Dapil Jateng VII seperti Bambang Soesatyo atau Bamsoet. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) pun tetap mendaftarkan pecatur Utut Adianto dengan didampingi mantan Wakil Gubernur Jateng Heru Sudjatmoko.

PETAHANA DAPIL JATENG VII 

Partai Politik 

Petahana 

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan 

Utut Adianto 

Partai Golkar 

Bambang Soesatyo 

Partai Gerindra 

Darori Wonodipuro 

Partai Kebangkitan Bangsa 

Taufiq R. Abdullah 

Partai Amanat Nasional 

Taufik Kurniawan 

Partai Nasdem 

Amelia Anggraini 

Partai Persatuan Pembangunan 

Muhammad Romahurmuziy 

 PEMILIH DAPIL JATENG VII 

Kabupaten/Kota 

DPT 

Purbalingga 

752.211 

Banjarnegara 

784.170 

Kebumen 

1.072.708 

Total 

2.609.089 

Sumber: DPR, KPU 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper