KENAL DAPIL : Johan Budi Saingi Ibas di Dapil Jatim VII

Johan Budi langsung ditempatkan pada nomor urut ke-1 di Dapil Jatim VII. Kader PDIP yang lebih senior, Budiman Sudjatmiko, dipasang dua setrip di bawah Johan.
Samdysara Saragih | 01 April 2019 16:17 WIB

Kabar24.com, JAKARTA — Para politikus berlatar belakang juru bicara atau jubir ikut bertarung memperebutkan kursi DPR dari Daerah Pemilihan Jawa Timur VII.

Jubir Istana Kepresidenan Johan Budi Sapto Pribowo memilih menjadi calon anggota legislatif (caleg) lewat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Sebelum ke Istana, Johan lama menjabat jubir Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Kendati berstatus anggota anyar PDIP, Johan Budi langsung ditempatkan pada nomor urut ke-1. Kader PDIP yang lebih senior, Budiman Sudjatmiko, dipasang dua setrip di bawah Johan.

Pada Pileg 2014, Budiman masuk ke Senayan dari Dapil Jawa Tengah VIII. Hijrahnya jubir Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin ini mengisi petahana Sirmadji yang tidak maju lagi menjadi caleg.

Selain Johan dan Budiman, politisi berlatar belakang jubir di Dapil Jatim VII adalah Imelda Sari. Ketua Divisi Komunikasi Publik DPP Partai Demokrat ini dipasang bersama dengan dua petahana, Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas dan Sartono.

Keberadaan Ibas di Dapil Jatim VII memang membuat Demokrat perkasa. Dari 428.434 suara yang diperoleh Demokrat pada Pileg 2014, sebanyak 243.747 merupakan coblosan untuk putra kedua mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu.

Dapil Jatim VII mencakup lima kabupaten yakni Ponorogo, Trenggalek, Magetan, Ngawi, dan Pacitan yang merupakan kampung halaman SBY. Kuatnya posisi Demokrat di wilayah tersebut melanjutkan capaian Pileg 2009.

Dari delapan petahana, hanya dua orang yang memutuskan tidak maju caleg kembali yakni Sirmadji dari PDIP dan Rofi Munawar dari Partai Keadilan Sejahtera. Ini jelas memperbesar kesempatan caleg-caleg baru untuk merasakan kursi Senayan.

PETAHANA DAPIL JATIM VII 

Partai Politik 

Petahana 

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan 

Sirmadji 

Partai Golkar 

Gatot Sudjito 

Partai Gerindra 

Supriyanto 

Partai Kebangkitan Bangsa 

Ibnu Multazam 

Partai Demokrat 

Edhie Baskoro Yudhoyono 

Sartono 

Partai Keadilan Sejahtera 

Rofi Munawar 

Partai Nasdem 

Yayuk Sri Rahayuningsih 

   

PEMILIH DAPIL JATIM VII 

Kabupaten/Kota 

DPT 

Ponorogo 

752.336 

Ngawi 

705.092 

Trenggalek 

581.749 

Magetan 

532.677 

Pacitan 

471.061 

Total 

3.042.915 

 Sumber: KPU, DPR 

 

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
johan budi, jatim, jawa timur, dapil

Editor : Stefanus Arief Setiaji

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup