Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mendagri : Pemerintah Tidak Ada Langkah Cegah Golput

Pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri mengaku tidak memiliki langkah khusus untuk mencegah golongan putih atau golput. Meski begitu, partisipasi publik pada pemilu diyakini tinggi.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 06 April 2019  |  12:58 WIB
Mendagri : Pemerintah Tidak Ada Langkah Cegah Golput
Warga melintas di depan mural tentang pemilu 2019 di Pasar baru Mamuju, Sulawesi Barat, Rabu (6/03/2019). - ANTARA/Akbar Tado
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri mengaku tidak memiliki langkah khusus untuk mencegah golongan putih atau golput. Meski begitu, partisipasi publik pada pemilu diyakini tinggi.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa hanya mengimbau kepada masyarakat bahwa menggunakan suara adalah hak konstitusional.

“Saya harapkan masyarakat yang punya hak konstitusional datanglah. Ini momentum terbaik. Jangan sampai haknya hilang untuk mewujudkan pimpinan yang amanah,” katanya di Jakarta, Sabtu (6/4/2019).

Apalagi Tjahjo menjelaskan bahwa Mahkamah Konstitusi telah memutus pemilih yang belum punya Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) tetap bisa memberikan suara. Syaratnya yaitu dengan menunjukkan surat keterangan yang dikeluarkan Kemendagri.

Ini bagi Tjahjo juga bisa menurunkan tingkat golput karena masyarakat yang tidak punya KTP-el enggan memilih. Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum menargetkan partisipasi pemilih pada pemilu sebesar 77,5 persen dari daftar pemilih tetap.

Di sisi lain pemerintah optimistis pelaksanaan pemilu berjalan lancar dan sukses. Kepolisian, TNI, dan Badan Inteligen Negara siap mengerahkan kekuatan.

“Sudah melaksanakan deteksi dini sampai per TPS [tempat pemungutan suara]. Penguatan-penguatan aparaturnya dijaga. Masyarakat dijamin keamanannya untuk bisa bebas menyalurkan aspirasi di TPS,” jelas Tjahjo. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

golput Pemilu 2019
Editor : Akhirul Anwar
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top