Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Keislaman Prabowo Bikin Panas Dingin Yusril dan Habib Rizieq

Perseteruan Yusril Ihza Mahendra dengan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab semakin meruncing. Yusril, dalam sebuah video yang viral, menyebut Rizieq meragukan keislaman calon presiden Prabowo Subianto.

Bisnis.com, JAKARTA - Perseteruan Yusril Ihza Mahendra dengan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab semakin meruncing. Yusril, dalam sebuah video yang viral, menyebut Rizieq meragukan keislaman calon presiden Prabowo Subianto.

Lewat Front TV, Rizieq membantah pernyataan Yusril. Dia menyebut pernyataan mantan Menteri Sekretaris Negara ini berbohong. Yusril pun menyanggah tudingan Rizieq yang sekarang ada di Mekah itu. Untuk memastikan kesahihan obrolannya, Yusril menyebar tangkapan layar WhatsApp antara dia dengan Rizieq.

Hubungan Rizieq dengan Yusril memang sedang memanas. Hal ini berangkat dari pilihan Yusril yang membawa Partai Bulan Bintang (PBB) untuk mendukung Joko Widodo atau Jokowi - Ma'ruf Amin.

Rizieq bahkan memerintahkan para anggota FPI yang menjadi caleg dari partai itu untuk mengundurkan diri. 

"Pilihannya mundur dari PBB atau dari FPI," kata Rizieq. 

Hubungan Yusril dan Rizieq meruncing beberapa bulan belakangan ini.

Sejenak mundur ketika Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada DKI Jakarta 2017, Rizieq pernah menyebut Yusril menjadi orang yang cocok menjadi pemimpin Ibu Kota. 

Dalam sebuah ceramah di Masjid Istiqlal pada akhir 2016, Rizieq menyebut ada beberapa orang yang pantas memimpin Jakarta. Selain Sandiaga Uno, ia juga menyebut nama Yusril Ihza Mahendra.

Yusril bahkan pernah datang dalam sebuah acara yang digelar FPI dengan tema menolak Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok sebagai Gubernur DKI. Namun, Yusril mengatakan kedatangannya pasif. 

Yusril bahkan pernah menjadi pengacara Rizieq Shihab dalam kasus dugaan penghinaan lambang negara yang ditangani Kepolisian Daerah Jawa Barat. Pada Januari 2017, Polda Jawa Barat menetapkan Rizieq sebagai tersangka dalam kasus dugaan menistakan Pancasila. Yusril maju sebagai pengacara Rizieq. Belakangan polisi menghentikan penyidikan perkara ini.

Hubungan keduanya semakin dekat ketika PBB menjadi kendaraan bagi beberapa anggota FPI untuk menjadi calon anggota legislatif. Total, ada sekitar 15 orang anggota FPI yang menjadi caleg baik di DPR maupun DPRD. 

Yusril bahkan hadir dalam acara Ijtima Ulama yang merekomendasikan Prabowo Subianto maju sebagai calon presiden pada 27 Juli 2018. Acara Ijtima Ulama ini digagas oleh Gerakan Nasional Pengawal Fatwa atau GNPF MUI. Rizieq menjadi salah satu tokoh di GNPF. 

Namun, Rizieq memerintahkan anggota FPI yang menjadi caleg mundur begitu PBB menyatakan dukungan ke Jokowi.

"Jika tidak mau mundur dari PBB, maka harus keluar dari FPI," kata Rizieq. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.Co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper