KENAL DAPIL : Artis Elma Theana Bersaing dengan Politisi Senior Effendy Choirie di Dapil Jatim X

Sebanyak 16 partai politik telah menawarkan 86 calon anggota legislatif (caleg) di Dapil Jatim X.
Samdysara Saragih | 04 April 2019 20:30 WIB

Kabar24.com, JAKARTA — Pertengahan 2018, masyarakat Kabupaten Gresik dan Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, harus menelan kabar tak sedap setelah tertangkapnya Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih oleh Komisi Pemberantasan Korupsi.

Di Senayan, Eni adalah wakil Daerah Pemilihan Jawa Timur X yang mencakup Lamongan dan Gresik. Meskipun bukan penduduk setempat, politisi Partai Golkar tersebut meraup suara terbanyak kedua di Dapil Jatim X pada Pileg 2014.

Setelah terjerat kasus korupsi, Eni pun dicopot dari DPR dan digantikan oleh koleganya Eddy Kuntadi.

Pemilih Lamongan dan Gresik tentu tidak ingin wakil mereka di DPR periode 2019-2024 kembali jatuh dalam kasus korupsi. Sebanyak 16 partai politik telah menawarkan 86 calon anggota legislatif (caleg) di Dapil Jatim X.

Enam parpol peraih kursi pada Pileg 2014 kembali mendaftarkan petahana. Partai Amanat Nasional (PAN), misalnya, memasang Wakil Ketua Komisi IV DPR Viva Yoga Mauladi.

Lagi, Partai Nasdem terlihat paling serius mengincar kursi yang belum didapatnya 5 tahun lalu dengan mendaftarkan tokoh beken. Pemain sinetron Elma Theana Yuliantina dipasang di Dapil Jatim X.

Bersamanya turut serta politisi gaek Effendy Choirie alias Gus Choi. Ketika masih bergabung dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Gus Choi adalah utusan Dapil Jatim X di Senayan.

Sepeninggal Gus Choi, PKB memang masih menguasai Lamongan dan Gresik. Ketua Fraksi PKB di DPR, Jazilul Fawaid, adalah peraih suara terbanyak pada Pileg 2014 dan namanya kembali tercatat sebagai caleg.

PETAHANA DAPIL JATIM X 

Partai Politik 

Petahana 

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan 

Nasyirul Falah Amru 

Partai Golkar 

Eddy Kuntadi 

Partai Gerindra 

Khilmi 

Partai Kebangkitan Bangsa 

Jazilul Fawaid 

Partai Amanat Nasional 

Viva Yoga Mauladi 

Partai Persatuan Pembangunan 

Iskandar Dzulkarnain Syaichu 

 Sumber: DPR

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
jatim, dapil, Pemilu 2019

Editor : Stefanus Arief Setiaji

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup