Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KENAL DAPIL : Nasdem Andalkan Suyoto dan Tessa Kaunang di Dapil Jatim IX

Partai Nasdem meminang salah satu politikus populer di Dapil Jatim IX yang meliputi Kabupaten Tuban dan Kabupaten Bojonegoro itu. Sosok tersebut adalah Bupati Bojonegoro 2008-2018, Suyoto.
Samdysara Saragih
Samdysara Saragih - Bisnis.com 02 April 2019  |  09:26 WIB

Kabar24.com, JAKARTA — Partai Nasional Demokrat (Nasdem) getol menggarap daerah pemilihan yang tidak menyumbangkan kursi pada Pileg 2014.

Seperti itu pula terlihat di Daerah Pemilihan Jawa Timur IX. Pada 5 tahun lalu, Nasdem bertenger di peringkat ketujuh, sehingga gagal merebut satu dari kuota enam kursi yang terbagi rata untuk enam parpol.

Tak mau terulang, Partai Nasdem meminang salah satu politikus populer di Dapil Jatim IX yang meliputi Kabupaten Tuban dan Kabupaten Bojonegoro itu. Sosok tersebut adalah Bupati Bojonegoro 2008-2018, Suyoto.

Demi melanjutkan karier politik, Suyoto mengikuti Pileg 2019 dan meninggalkan Partai Amanat Nasional (PAN) yang telah menghantarkan dirinya dua periode jadi kepala daerah. Bekal Suyoto memimpin Bojonegoro selama 10 tahun tentu lebih mudah meyakinkan pemilih.

Di samping Suyoto, Nasdem pun memasang nama tenar lain, pemain sinetron Tessa Kaunang. Perempuan bernama asli Thessalonica Indria Roxana Aryani Anes Kaunang ini meramaikan jajaran calon anggota legislatif (caleg) Nasdem berlatar belakang selebritis yang ditebar di sejumlah dapil.

Berdasarkan hasil Pileg 2014, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berstatus penguasa Dapil Jatim IX. Kala itu, sumbangsih Anna Muawanah sebanyak 95.621 suara membantu PKB duduk di peringkat pertama.

Namun, tidak ada lagi nama Anna dalam daftar caleg PKB. Tahun lalu, dia mengundurkan diri dari DPR guna mengikuti Pemilihan Bupati Bojonegoro 2018 dan berhasil menggantikan Suyoto.

Alhasil, pada Pileg 2019 PKB kembali mengandalkan petahana Lukmanul Khakim yang meneruskan jabatan Anna di DPR. Seperti itu pula lima parpol lain yang mengusung petahana untuk mempertahankan kursi incaran para kompetitor.

PETAHANA DAPIL JATIM IX 

Partai Politik 

Petahana 

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Abidin Fikri 
Partai Golkar Satya Widya Yudha 
Partai Gerindra Wihadi Wiyanto 
Partai Kebangkitan Bangsa Lukmanul Khakim 
Partai Demokrat Didik Mukrianto 
Partai Amanat Nasional Bambang Budi Susanto 

 Sumber: DPR


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jatim daerah pemilihan dapil
Editor : Stefanus Arief Setiaji
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top