Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KENAL DAPIL : 'Teror' Nasdem di Dapil II Jatim

Zona elektoral yang meliputi Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kota Pasuruan dan Kota Probolinggo itu, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memang masih meraih suara terbanyak.
Samdysara Saragih
Samdysara Saragih - Bisnis.com 27 Maret 2019  |  10:44 WIB

Kabar24.com, JAKARTA — Sebanyak tujuh kursi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dari Daerah Pemilihan Jawa Timur II pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2014 terdistribusi merata untuk tujuh partai politik.

Di zona elektoral yang meliputi Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kota Pasuruan dan Kota Probolinggo itu, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memang masih meraih suara terbanyak. Namun, suaranya hampir disalip oleh Partai Nasional Demokrat (Nasdem).

Faktor ketokohan Bupati Probolinggo periode 2003—2013, Hasan Aminuddin, sangat menentukan perolehan suara Nasdem. Dari 296.136 suara partai tersebut, sebanyak 190.226 suara disumbangkan oleh Hasan.

Awalnya, Hasan adalah kader PKB juga. Namun, perseteruan internal pada 2008 membuat dia hengkang ke Nasdem dan membangun kekuatan di Dapil Jatim II.

Bila 5 tahun lalu Nasdem langsung mendapatkan kursi dalam status sebagai pendatang baru, tidak demikian dengan Partai Amanat Nasional (PAN) yang bertenger di peringkat 10. PAN pun ogah tidak kebagian kursi lagi.

Debby Rhoma Irama, putri sulung penyanyi dangdut Rhoma Irama, dipasang sebagai calon anggota legislatif (caleg) PAN nomor urut 1. Di biodata resminya, Debby memang menulis pernah menjadi santri di sebuah pesantren Probolinggo.

Masuknya Debby sebagai caleg merupakan bentuk kongsi PAN dengan Partai Islam Damai Aman (Idaman) yang dibentuk ayahnya. Adik Debby, Ficky Rhoma Irama, juga maju sebagai caleg PAN di Dapil Nusa Tenggara Barat II.

Kendati menyandang nama beken sang ayah, tidak ada jaminan Debby bisa dengan mudah lolos ke Senayan. Setidaknya, lima petahana, termasuk Hasan, akan berupaya keras menjegal para kompetitor yang hendak merebut kursi mereka.

PETAHANA DAPIL JATIM II 

Partai Politik 

Petahana 

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan 

Hamka Haq 

Partai Golkar 

Mukhamad Misbakhun 

Partai Gerindra 

Soepriyatno 

Partai Kebangkitan Bangsa 

Faisol Riza 

Partai Demokrat 

Evi Zainal Abidin 

Partai Nasdem 

Hasan Aminuddin 

Partai Persatuan Pembangunan 

Mustofa Assegaf 

 PEMILIH DAPIL JATIM II 

Kabupaten/Kota 

DPT 

Probolinggo 

884.636 

Pasuruan 

1.179.108 

Kota Probolinggo 

167.834 

Kota Pasuruan 

147.500 

Total 

2.379.078 

 Sumber: KPU, DPR 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

daerah pemilihan jawa timur dapil Pemilu 2019
Editor : Stefanus Arief Setiaji

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top