Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KENAL DAPIL : Maju Caleg, Siapa Pesaing Rachmad Gobel di Dapil Gorontalo?

Mantan Menteri Perdagangan Rachmad Gobel maju sebagai calon anggota legislatif dari Daerah Pemilihan (Dapil) Gorontalo.

Kabar24.com, JAKARTA — Masyarakat Provinsi Gorontalo berbangga karena salah satu putra keturunan daerah itu, Sandiaga Salahuddin Uno, menjadi kontestan Pemilu Presiden 2019. Sandiaga menjadi calon wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto.

Meski demikian, politisi nasional berdarah Gorontalo yang ngetop tidak hanya Sandi. Ada mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad, bekas Menteri Perdagangan Rachmad Gobel, dan eks Menteri Perumahan Rakyat, Suharso Monoarfa.

Khusus Fadel, dia sempat pulang kampung sebagai Gubernur Gorontalo periode 2001—2009. Politisi Partai Golkar itu pun menikmati popularitasnya ketika meraih suara terbanyak dalam Pileg 2014 di Daerah Pemilihan Gorontalo.

Momentum kontestasi politik kini ditempuh pula oleh Rachmad Gobel untuk mengabdi bagi Gorontalo. Bos Panasonic itu tercatat sebagai calon anggota legislatif pada Pileg 2019 dari Partai Nasdem.

Beruntung, Rachmad tidak bertarung melawan Fadel Muhammad yang memutuskan menjadi calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Namun, pengaruh elektoral Fadel tetap terasa melalui istrinya, Hana Hasanah, yang maju melalui Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Masuknya dua tokoh populer tersebut tentu mengancam eksistensi Golkar di Dapil Gorontalo. Selama ini, partai berlogo beringin itu telak menguasai provinsi pemekaran Sulawesi Utara tersebut.

Pada Pileg 2014, Golkar mengumpulkan 310.790 suara atau 48,82% dari total suara sah sehingga mengantarkan Fadel dan Roem Kono ke Senayan. Pesaing terdekat, Gerindra, yang merebut satu kursi tertinggal jauh dengan 49.342 suara.

Setelah ditinggal Fadel, Golkar pun menyiapkan istri Gubernur Rusli Habibie, Idah Syahidah, untuk mempertahankan dominasinya. Politisi gaek Roem Kono akan menjadi tandem untuk menahan gempuran caleg kompetitor.

Mampukah Golkar mempertahankan kekuatannya di Dapil Gorontalo yang memiliki jatah tiga kursi DPR itu? Sebanyak 812.801 pemilih akan menjawabnya pada 17 April mendatang.

 PETAHANA DAPIL GORONTALO 

Partai Politik 

Petahana 

Partai Golkar 

Fadel Muhammad

Roem Kono

Partai Gerindra 

Elnino M. Husein Mohi

   

PEMILIH DAPIL GORONTALO 

Kabupaten/Kota 

DPT 

Gorontalo 

284.392 

Kota Gorontalo 

133.061 

Bone Bolango 

112.047 

Boalemo 

101.253

Pohuwato 

99.839 

Gorontalo Utara 

82.209

Total 

812.801 

 Sumber: KPU, DPR, diolah 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper