Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bikin Rekan Koalisi 'Panas', PSI: Justru Pendidikan Politik

Efek pidato politik Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie yang menyindir soal 'Partai Nasionalis' di Medan International Convention Center, Senin (11/3/2019), dianggap membuat situasi sesama rekan Koalisi Indonesia Kerja (KIK) memanas oleh beberapa pihak.
Rian Ernest, Juru Bicara Partai Solidaritas Indonesia (PSI)/Bisnis-Aziz R
Rian Ernest, Juru Bicara Partai Solidaritas Indonesia (PSI)/Bisnis-Aziz R

Kabar24.com, JAKARTA — Efek pidato politik Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie yang menyindir soal 'Partai Nasionalis' di Medan International Convention Center, Senin (11/3/2019), dianggap membuat situasi sesama rekan Koalisi Indonesia Kerja (KIK) memanas oleh beberapa pihak.

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno menyebut PSI sebagai partai baru yang kurang informasi, genit, dan lebai.

Kini, giliran Ketua Umum Sekretariat Nasional (Seknas) Jokowi, Muhammad Yamin mengritik PSI yang kontraproduktif, sehingga meminta agar partai 'muda' ini menjaga soliditas koalisi.

Menjawab hal tersebut, Juru bicara PSI Rian Ernest menjelaskan bahwa PSI menjamin, bahwa pihaknya tetap berkomitmen memenangkan paslon nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf.

"Pertama-tama terima kasih atas saran dan kritik dari kawan-kawan di Seknas Jokowi. Justru bentuk kritik PSI ke teman koalisi adalah bentuk pendidikan politik, agar publik tercerahkan seperti apa posisi politik partai nasionalis besar di Indonesia," ungkap Rian kepada Bisnis, Rabu (13/3/2019).

"Di setiap blusukan saya di Jakarta Timur, saya akan mengawali pidato saya dengan menceritakan alasan kita harus pilih Jokowi. Di baliho saya di Jakarta Timur, saya pasang juga foto Pak Joko Widodo, padahal Pak Presiden tidak menang di Jaktim lima tahun lalu. Inilah komitmen dan sikap politik," ungkapnya.

Atas dasar itulah, pria kelahiran Jerman, 24 Oktober 1987 ini menjamin bahwa kritikan terhadap 'Partai Nasionalis' tidak bertujuan memperkeruh suasana sesama parpol koalisi. Tetapi, sebagai bukti konsistensi sikap politik PSI sesuai jargon mereka, 'Anti Korupsi, Anti Intoleransi'.

"Justru tidak patut kalau hanya dikarenakan satu perahu koalisi, lalu menjadikan kami wajib diam, lalu berhenti melakukan fungsi politik kami dalam meningkatkan kualitas demokrasi di Indonesia. Bukan itu semangat kaum muda yang ingin melakukan pembaruan dunia politik Indonesia," tegasnya.

Sebelumnya, pidato politik Grace menyindir 'Partai Nasionalis' lain akibat tidak bersuara pada kasus korban persekusi Meliana yang dibakar rumahnya, pemerintah kota Jambi yang menyegel tiga gereja, persekusi atas jemaat GBI Philadelpia di Labuhan Medan, serta kasus penggergajian nisan salib yang sempat viral di media sosial.

Atas pidato tersebut, politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Adi Prayitno sempat menyebut PSI memanaskan situasi sesama parpol KIK, terutama PDI Perjuangan dan Golkar. Sebab, diduga ingin mengambil basis suara kedua "partai senior" tersebut di perhelatan Pemilu Legislatif (Pileg).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper