Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KENAL DAPIL : Mantan Gubernur Cornelis Meneruskan Jejak Putrinya di Dapil Kalbar I

Mantan Gubernur Kalimantan Barat Cornelis mencalonkan diri menjadi anggota DPR dari daerah pemilihan (Dapil) Kalimantan Barat I.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Kabar24.com, JAKARTA — Mantan Gubernur Kalimantan Barat Cornelis memiliki kemiripan perjalanan hidup dengan bekas Gubernur Sumatra Selatan Alex Noerdin.

Keduanya berlatar belakang pegawai negeri sipil yang karirnya merangkak naik hingga bupati. Cornelis mencapainya di Kabupaten Landak, sedangkan Alex di Kabupaten Musi Banyuasin.

Cornelis dan Alex lantas naik kelas menjadi gubernur selama dua periode, 2008—2018. Saat awal menjabat gubernur, anak keduanya sama-sama didaftarkan sebagai calon anggota DPR.

Karolin Margret Natasha, putri Cornelis, dan Dodi Reza, putra Alex, mengikuti Pileg 2009 di daerah masing-masing. Berkat nama besar orang tua, Karolin dan Dodi masuk dalam jajaran peraih suara terbanyak secara nasional.

Pada pilkada serentak 2017, Karolin dan Dodi pun berhasil mengikuti jejak langkah ayah setelah terpilih sebagai bupati. Tak sampai setahun menjabat, mereka ingin mengincar kursi gubernur untuk melanjutkan kekuasaan bapak. Lagi, Karolin dan Dodi senasib, kali ini sama-sama kalah dalam kontestasi.

Tak cukup di situ kesamaan dua keluarga tersebut. Pada Pileg 2019, Cornelis dan Alex terdaftar sebagai caleg di kampung halaman masing-masing. Cornelis maju di Dapil Kalbar I dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), sedangkan Alex di Dapil Sumsel II dari Partai Golkar.

Di Dapil Kalbar I, Cornelis tampaknya ingin membuktikan bahwa dirinya masih memiliki pengaruh elektoral yang dulu mampu menghantarkan Karolin dua kali ke Senayan. Tak dapat dipungkiri, posisinya sebagai Ketua DPD PDIP Kalbar selama ini sukses membawa partai tersebut selalu di nomor atas.

Pada Pileg 2014, sebanyak 817.770 suara se-Kalbar dikumpulkan PDIP atau sekitar 33% dari total suara sah. Setelah dikonversi, jumlah suara tersebut setara dengan tiga kursi DPR.

Sejak Pileg 2019, kuota wakil Kalbar di DPR bertambah menjadi 12 kursi dari sebelumnya 10 kursi. Dapil Kalbar I kebagian delapan kursi, sisanya dialokasikan ke Dapil Kalbar II.

Kebetulan, delapan petahana anggota DPR periode 2014—2019 memutuskan maju di Dapil Kalbar I. Para petahana wajib waspada dengan para debutan seperti Cornelis bila masih ingin berkantor di Senayan.

PEMILIH DAPIL KALBAR I 

Kabupaten/Kota 

DPT 

Sambas 

429.331 

Bengkayang 

179.006 

Kota Singkawang 

160.753 

Landak 

274.941 

Kayong Utara 

80.770 

Ketapang 

374.028 

Kota Pontianak 

458.889 

Mempawah 

188.819 

Kubu Raya 

422.052 

Total 

2.568.589 

 Sumber: KPU 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper