Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KENAL DAPIL : Migrasi Para Petahana di Dapil Kalsel II

Perpindahan calon anggota legislatif dari satu daerah pemilihan (capil) ke daerah pemilihan lainnya merupakan fenomena wajar dalam kontestasi Pileg 2019.

Kabar24.com, JAKARTA — Migrasi daerah pemilihan atau dapil adalah fenomena yang biasa dilakukan oleh partai politik dan calon anggota legislatif(caleg).

Ada yang ekstrem seperti kasus Djarot Saiful Hidayat yang pindah dapil lintas provinsi. Jika pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2014 maju dari Dapil Jawa Timur VI, tahun ini dia ‘terbang’ ke Dapil Sumatra Utara III. Baca : Para Pendatang Baru di Dapil Sumut III.

Lebih jamak terjadi adalah migrasi dapil intraprovinsi. Praktik ini dijalankan bila partai politik merasa memiliki dua atau lebih jagoan kuat di satu dapil. Transfer semakin memungkinkan bila dapil asal dan pindahan berkarakteristik mirip.

Di Kalimantan Selatan, fenomena pindah dapil juga terjadi. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) melakukan hal itu terhadap dua calegnya, Muhammad Zairullah Azhar dan Latief Hanafiah.

Pada Pileg 2014, Azhar dan Latief sama-sama terdaftar di Dapil Kalsel II. Azhar meraih suara terbanyak di antara para caleg PKB sehingga mewakili partainya di Senayan.

Setahun di DPR, dia mengundurkan diri karena mengikuti Pemilihan Gubernur Kalsel 2015. Penggantinya adalah Latief yang meraih suara terbanyak kedua PKB.

Azhar gagal merebut kursi gubernur dan menjadi caleg kembali pada Pileg 2019. Serupa dengan 2014, dia ditempatkan di Dapil Kalsel II. Namun, kali ini tidak lagi bersama dengan Latief yang dipindahkan ke Dapil Kalsel I.

Strategi pindah dapil juga diterapkan oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan terhadap petahana M. Dardiansyah. Pada Pileg 2019, dia ditempatkankan di Dapil Kalsel I meskipun saat ini masih mewakili Dapil Kalsel II di DPR.

Apakah strategi pindah dapil akan menuai hasil?

PETAHANA DAPIL KALSEL II 

Partai Politik 

Petahana 

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan 

M. Dardiansyah 

Partai Golkar 

Hasnuryadi Sulaiman 

Partai Gerindra 

Ahmad Yudhi Wahyuni 

Partai Kebangkitan Bangsa 

Abdul Latief Hanafiah 

Partai Persatuan Pembangunan 

Aditya Mufti Ariffin  

 

PEMILIH DAPIL KALSEL II 

Kabupaten/Kota 

DPT 

Tanah Laut 

245.173 

Tanah Bumbu 

236.987  

Kotabaru 

223.136 

Kota Banjarmasin 

447.085 

Kota Banjarbaru 

156.347 

Total 

1.308.728 

 Sumber: KPU, DPR 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper