KENAL DAPIL: Para Pendatang Baru di Dapil Sumut III

Mantan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat maju sebagai calon anggota legislatif (caleg) dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sumut III bersaing dengan sejumlah politisi yang asli berdarah sana.
Samdysara Saragih
Samdysara Saragih - Bisnis.com 25 Februari 2019  |  18:41 WIB

Kabar24.com, JAKARTA — Pengacara kontroversial Razman Arif Nasution berseberangan dengan politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Djarot Saiful Hidayat kala Aksi Bela Islam 2 Desember 2016 atau 212.

Bila Razman menjadi bagian dari pentolan 212, Djarot adalah wakil dari Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama yang dituduh oleh para demonstran telah melakukan penistaan agama. Menjelang Pileg 2019, Razman kemudian masuk ke Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). 

Secara mengejutkan, dia membentuk Relawan Eks 212 Kawal Ma’ruf Amin guna mendukung pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Untuk Pilpres 2019, Razman berada dalam kubu yang sama dengan Djarot.

Namun, untuk urusan Pileg 2019, keduanya kembali berhadapan. PKB mengutus Razman sebagai calon anggota legislatif di Daerah Pemilihan Sumatra Utara III, wilayah pemilihan yang sama dengan Djarot.

Jika Razman pulang kampung, Djarot baru akrab dengan Sumut setelah mengikuti Pilgub Sumut 2018 dan berdomisili di Kota Medan. Walaupun kursi gubernur tidak terebut, Djarot diharapkan partainya dapat mengerek suara di Dapil Sumut III.

Tidak hanya Razman dan Djarot, tokoh-tokoh nasional menumpuk di daerah pemilihan tersebut. Demokrat, misalnya, menempatkan elitenya, Sekretaris Jenderal DPP Hinca Pandjaitan dan Ketua DPP Jansen Sitindaon.

Partai Gerindra menjagokan bekas Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Djohar Arifin Husin yang nomor urutnya di bawah petahana Martin Hutabarat. Begitupula Partai Nasdem kedatangan kader baru mantan Wakil Gubernur Sumut Nurhajizah Marpaung yang satu setrip dari petahana Ali Umri.

Kompetisi internal paling ketat bakal terjadi di Partai Golkar yang pada Pileg 2014 mengirimkan dua wakil dari Dapil Sumut III.

Selain petahana Anthon Sihombing dan Delia PratiwiSitepu, dua petinggi Golkar Ahmad Doli Kurnia Tandjung dan Ali Wongso Halomoan Sinaga diharapkan bisa menambah kursi.

Seperti halnya di dua dapil lainnya, Dapil Sumut III kental dengan faktor etnisitas. Wilayah tersebut adalah kantong dari etnis asli Melayu, Batak Simalungun, Karo, dan Dairi. Selain itu,pendatang dari Tapanuli dan Jawa cukup dominan di Dapil Sumut III.

Partai Politik          Suara 
Partai Gerindra    212.699 
PDIP                           298.486 
Partai Golkar         467.586 
Partai Demokrat  268.564 
PAN                             148.913 
Partai Hanura        130.059 
Partai Nasdem      115.968 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
daerah pemilihan, dapil

Editor : Stefanus Arief Setiaji

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup