Ini Daftar Negara Asal 103 WNA yang Masuk DPT Pemilu 2019

Ada 103 WNA yang masuk DPT Pemilu 2019. WNA terbanyak yang masuk DPT berasal dari Australia sebanyak 18 orang
Lalu Rahadian
Lalu Rahadian - Bisnis.com 06 Maret 2019  |  17:54 WIB
Ini Daftar Negara Asal 103 WNA yang Masuk DPT Pemilu 2019
Foto e/KTP milik Guohui Chen yang beredar di media sosial. (Semarangpos.com/Istimewa)

Bisnis.com, JAKARTA  - Detail 103 Warga Negara Asing (WNA) yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019 diungkap Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Hasilnya, warga dari Jepang menjadi yang terbanyak terdata sebagai pemilih dibanding WNA negara lain

Berdasarkan data yang dirilis Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh, ada 18 WNA dari Jepang yang masuk ke DPT Pemilu 2019. Setelah Jepang, negara yang warganya banyak masuk DPT adalah Belanda (8 orang).

Negara lain yang menyumbangkan banyak warganya masuk ke DPT Pemilu 2019 adalah Amerika Serikat, Malaysia, dan Swiss (masing-masing 7 orang). Setelah itu ada warga negara Jerman (6), Australia (5), China, Filipina, Inggris, Korea Selatan (masing-masing 4) yang juga masuk DPT.

Warga Bangladesh, Perancis, Singapura dan Thailand yang masuk DPT masing-masing berjumlah 3 orang. Kemudian, ada 2 Warga Negara masing-masing dari Thailand, Kanada, dan Italia.

Sisanya, seorang WNA berasal dari negara Afrika Selatan, India, Mauritius, Pakistan, Polandia, Portugal, Spanyol, Tanzania, Turki, Vietnam dan Yunani.

Data 103 WNA dalam DPT Pemilu 2019 ditemukan pasca Ditjen Dukcapil Kemendagri melakukan penyandingan data NIK WNA dan DPT. Temuan itu telah diserahkan ke KPU dan Bawaslu untuk ditindaklanjuti.

KPU dan Bawaslu telah melakukan verifikasi data WNA yang masuk DPT, Selasa (5/3). Hasil verifikasi akan diumumkan KPU dan Bawaslu dalam waktu dekat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
dpt, Pemilu 2019, WNA

Editor : Sutarno
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top