Waspadai Dampak Super Snow Moon Malam Ini

Fenomena Super Snow Moon akan terjadi malam ini, Selasa (19/2). Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat mewaspadai terjadinya pasang maksimum air laut sebagai dampak fenomena tersebut.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 19 Februari 2019  |  14:46 WIB

Bisnis.com, JAKARTA--Fenomena Super Snow Moon akan terjadi malam ini, Selasa (19/2). Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat mewaspadai terjadinya pasang maksimum air laut sebagai dampak fenomena tersebut.

BMKG menginformasikan adanya fenomena Super Snow Moon, yakni posisi bulan dan bumi berada pada perigee (jarak terdekat), mempengaruhi pola pasang maksimum air laut di Indonesia, utamanya di wilayah sebagai berikut :

- Pesisir utara Jakarta

- Pesisir utara Jawa Barat

- Pesisir utara Jawa Tengah

- Pesisir utara Jawa Timur

- Pesisir Kalimantan Barat

"Hal ini dapat berdampak pada terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas petani garam dan perikanan darat, serta kegiatan bongkar muat di pelabuhan," tulis BMKG melalui keterangan tertulisnya.

Masyarakat pun diimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari fenomena tersebut serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG.

Menurut perkiraan BMKG, bulan akan berada di perige mulai pukul 16.02 WIB. Adapun fase purnama akan mencapai puncak pukul 22.53 WIB dan bisa diamati di seluruh langit Indonesia.

Bulan akan berada di posisi terdekatnya dengan bumi atau perige, yakni 363.300 kilometer. Saat purnama perige, bulan akan terlihat 14% lebih besar dibandingkan saat purnama apoge (titik terjauhnya dari bumi) dan 30% lebih terang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
supermoon

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top