Sore Ini, Presiden Jokowi Lantik Khofifah Indar Parawansa Jadi Gubernur Jawa Timur

Presiden Joko Widodo bakal melantik mantan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa sebagai Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/2/2019).
Yodie Hardiyan
Yodie Hardiyan - Bisnis.com 13 Februari 2019  |  14:17 WIB
Sore Ini, Presiden Jokowi Lantik Khofifah Indar Parawansa Jadi Gubernur Jawa Timur
Khofifah Indar Parawansa (kanan) dan Emil Elestianto Dardak melambaikan tangan kepada pendukungnya saat mendaftar sebagai Cagub-Cawagub Jawa Timur di kantor KPU Jawa Timur, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (10/1). - ANTARA/Zabur Karuru

Bisnis.com, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo bakal  melantik mantan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa sebagai Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/2/2019).

Selain Khofifah, Presiden juga dijadwalkan melanti Emil Dardak sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim) di tempat yang sama. Pasangan Khofifah-Emil merupakan pemenang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim 2018 dengan perolehan suara 53,5%.

Berdasarkan pantauan Bisnis.com, Khofifah dan Emil telah tampak di kawasan Istana Kepresidenan pada pukul 13.45 WIB. Mereka menggunakan baju putih yang biasa digunakan oleh gubernur ketika dilantik oleh Kepala Negara.

Adapun pelantikan keduanya akan dilakukan pada pukul 15.00 WIB.

"Kami tentu mohon doa seluruh warga bangsa terutama warga Jatim, proses Pilkada sudah selesai. Mari kembali kita rajut kebersamaan, kebersatuan, dan kita guyub rukun membangun Jatim yang makin berkemajuan ke depan," kata Khofifah sebelum pelantikan.

Pasangan itu diusung oleh Partai Demokrat, Partai Nasdem, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Hanura, Partai Golkar, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Dalam Pilgub, mereka mengalahkan kandidat lain yaitu pasangan Syaifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno.

Khofifah adalah politisi senior asal Jatim yang telah menduduki berbagai posisi di DPR dan pemerintahan itu. Dia akan menggantikan Gubernur Jatim sebelumnya, Soekarwo, yang telah menjabat sejak 2009.

Dengan dilantiknya Khofifah, dia akan menjadi gubernur perempuan satu-satunya di Indonesia pada saat ini. Indonesia tidak banyak memiliki gubernur perempuan sejak dulu, yang lebih didominasi oleh para lelaki.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jokowi, jatim

Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top