KPU Kota Bandung Klaim Persiapan Pemilu Sudah 85%

KPU Kota Bandung memastikan kesiapan logistik jelang Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif 2019 sudah mencapai 85 persen.
Dea Andriyawan | 12 Februari 2019 15:00 WIB

Bisnis.com, BANDUNG -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung memastikan kesiapan logistik jelang Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif 2019 sudah mencapai 85 persen.

"Kita menunggu pengiriman surat suara dari percetakan karena memang pengadaannya bukan oleh KPU Kota Bandung, tapi proses pengadaannya oleh KPU RI," kata Ketua KPU Kota Bandung, Suharti dalam Bandung Menjawab, Selasa (12/2).

Selain itu, pihaknya juga saat ini tengah melakukan proses perekrutan 50 ribu Anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang akan disebar di 7103 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di seluruh Kota Bandung.

Perekrutan anggota KPPS ini kata Suharti, akan diprioritaskan bagi generasi muda sebagai bentuk regenerasi penyelenggara pemilu. Pasalnya, dengan lima surat suara sekali mencoblos, serta banyaknya berita acara yang harus diisi, membutuhkan mobilitas dari anak muda untuk menyuseskan gelaran pesta demokrasima tahunan ini.

"Kalau kita masih mengandalkan orang-orang yang sudah sepuh khawatir juga, proses pemungutan suara ini tidak berjalan dengan baik," kata Suharti.

Hal tersebut juga tutur Suharti didukung oleh amanat dari Undang-undang nomor 7 tahun 2017 yang merubah batas minimal umur anggota penyelenggara Pemilu dari 21 tahun menjadi 17 tahun.

"Kita berharap rekan-rekan mahasiswa itu mau juga berpartisipasi sebagai penyelenggara, jadi tidak hanya beretorika di kampus tapi juga bagaimana mereka mengamalkan itu sebagai penyelenggara di Pemilu," harap Suharti.

Ia pun memastikan akan melakukan bimbingan teknis terlebih dahulu untuk para anggota KPPS sebelum pelaksanaan Pemilu dimulai. Dimulai dari proses pemungutannhingga perhitungan suara.

"Untuk pengetahuan kita akan melakukan bimtek, bagaimana mereka melakukan proses pemungutan dan peenghitungan suara," jelas Suharti.

Selain itu, KPU Kota Bandung juga saat ini tengah melakukan merakit dan menyortir kota suara. Ia pun memastikan pihaknya menjalankam Standard Operating Procedures (SOP) untuk menjaga logistik tetap utuh hingga pemungutan suara dilaksanakan.

"Selama SOP itu kita jalankan dengan baik, Insya Allah logistik kita posisi aman," kata dia.

Selain itu, KPU Kota Bandung juga menyiagakan petugas yang menjaga gudang penyimpanan logistik Pemilu. 

"Ada, kita ada petugas kita yang melakukan proses penjagaan di gudang, lalu ada juga dari Polsek Panyileukan," jelasnya.

Tag : bandung, kpu kota bandung, Pemilu 2019
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top