DEBAT CAPRES 17 FEBRUARI: Jokowi-Prabowo Diminta Bicara Fakta dan Data

Pengamat ekonomi Hisar Sirait berharap calon presiden Jokowi dan Prabowo Subianto bicara fakta dan data mengenai dampak pengadaan infrastruktur transportasi agar menjadi jawaban bagi pembangunan Indonesia dalam debat capres 2019 putaran dua yang digelar Minggu (17/1/2019).
Newswire
Newswire - Bisnis.com 08 Februari 2019  |  08:14 WIB
DEBAT CAPRES 17 FEBRUARI: Jokowi-Prabowo Diminta Bicara Fakta dan Data
Rektor Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie Hisar Sirait di Jakarta, Kamis (7/2/2019). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Pengamat ekonomi Hisar Sirait berharap calon presiden Jokowi dan Prabowo Subianto bicara fakta dan data mengenai dampak pengadaan infrastruktur transportasi agar menjadi jawaban bagi pembangunan Indonesia dalam debat capres 2019 putaran dua yang digelar Minggu (17/1/2019).

"Harapan saya dalam debat-debat yang akan datang, saya yakin dan percaya mari kita bicara fakta dan data, bahwa sebetulnya dampak dari sisi pengadaan infrastruktur terutama transportasi saya kira ini akan menjadi jawaban bagi pembangunan Indonesia yang lebih maju," ujar Rektor Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie tersebut di Jakarta, Kamis (7/2/2019).

Hisar menjelaskan bahwa masalah aspek transportasi dan infrastruktur merupakan aspek yang sangat krusial, di mana kalau Indonesia ingin melihat bagaimana kemajuan negara-negara maju seperti Amerika Serikat dan China, mereka saat hendak membangun perekonomiannya yang pertama kali perhatikan serta pastikan adalah pembangunan sarana transportasinya.

"Memang, sekali lagi, kita harus bisa memahami bahwa kita butuh biaya yang besar. Tetapi saya yakin dan percaya bahwa return of investment tidak dilihat dari sisi ekonomi saja. Namun bagi saya adalah bagaimana masyarakat di pelosok-pelosok daerah yang dulu tidak mengenal jalan-jalan yang bagus menjadi terbantu dengan adanya pembangunan infrastruktur saat ini," kata Hisar Sirait usai menjadi moderator dalam seminar nasional.

Debat capres 2019 babak kedua akan digelar pada Minggu (17/2/2019). Debat babak kedua tersebut akan membahas energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup. 

Pengamat  Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira memprediksikan bahwa  topik infrastruktur akan menjadi salah satu topik paling hangat yang dibahas dalam debat capres putaran kedua.

Beberapa isu seperti dampak berantai infrastruktur terhadap ekonomi daerah, masalah utang serta tenaga kerja, menurut Bhima, akan dikait-kaitkan dengan topik infrastruktur dalam debat kedua pilpres 2019.

Debat babak kedua ini termasuk dalam lima babak debat pilpres 2019 dengan debat pertama mengenai hukum, HAM, korupsi dan terorisme telah digelar pada 17 Januari 2019, dan debat terakhir yakni debat babak kelima bertema ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan, investasi, serta industri akan menutup seluruh rangkaian debat pilpres 2019.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jokowi, prabowo subianto, Pilpres 2019

Sumber : Antara

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top