Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Liburan Panjang Pemungutan Suara dan Wafatnya Isa Almasih Berpotensi Picu Golput

Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) memetakan beberapa alasan pemilih untuk menjadi Golongan Putih atau Golput. Salah satunya, atmosfer "liburan panjang" saat waktu pencoblosan, Rabu (17/4/2019).

Bisnis.com, JAKARTA — Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) memetakan beberapa alasan pemilih untuk menjadi Golongan Putih atau Golput. Salah satunya, atmosfer "liburan panjang" saat waktu pencoblosan, Rabu (17/4/2019) dilanjut libur Wafatnya Isa Almasih pada hari Jumat (19/4/2019).

Direktur Eksekutif Perludem Titi Anggraini menjelaskan bahwa dengan kondisi semacam itu, minat masyarakat yang tidak tertarik pada politik (apolitis) untuk berpartisipasi dalam Pemilu cenderung turun.

Sebagai gantinya, mereka akan lebih senang memanfaatkan waktu untuk berlibur, atau menuntaskan pekerjaan sebelum datangnya "long weekend".

"Harus hati-hati karena 17 April, atmosfir liburan panjang, weekend, dan 19 April adalah peringatan wafatnya Isa Almasih," jelas Titi dalam acara diskusi bertajuk Caleg Perempuan, Disabilitas, dan Masyarakat Adat Sebagai Alternatif Untuk Tak Golput, Minggu (3/1/2019).

"Jadi kalau tidak hati-hati, Rabu libur karena hari yang diliburkan, Kamis kejepit, Jumat libur, Sabtu libur, Minggu libur," tambahnya diiringi tawa peserta diskusi.

Oleh sebab itu, Titi mendorong agar publikasi Pemilu 2019 lebih ditekankan untuk menarik minat masyarakat. Bukan justru memberikan kesan bahwa Pemilu tahun ini gaduh, dan cenderung memberikan narasi negatif.

"Golput apolitis dan pragmatis ini yang memang pendekatannya kita harus antisipasi dari sekarang. Kalau mereka sudah melihat, "ah ruang publik kita saling caci maki,' dan lain sebagainya, akan jauh lagi [minatnya] karena ada waktu kesempatan liburan panjang," ungkap Titi.

Golput dari pemilih apolitis ini merupakan salah satu dari empat tipe golput yang dipetakan Perludem. Selain itu, ada pula Golput Politis yang tidak menggunakan hak pilih atau menggunakan hak pilih tetapi suaranya tidak sah disebabkan ekspresi kekecewaan.

Sementara itu, Perludem pun menemukan alasan Golput akibat negara yang tidak mengakomodir, seperti tidak memiliki E-KTP. Ada pula Golput teknis/administratif yang seringkali terlewat akibat tugas kerja, tidak tahu cara memilih, namanya terlewat dari daftar di DPT, atau tidak mengurus surat pindah TPS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Aziz Rahardyan
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper