Viral #YangGajiKamuSiapa? Pejabat Negara Diingatkan Agar Lebih Hati-Hati

Pertanyaan Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara yang menanyakan kepada seorang aparatur sipil negara soal siapa yang menggajinya, ramai di media sosial dengan tagar #YangGajiKamuSiapa. Dari kasus ini, pejabat negara diminta lebih hati-hati.
Jaffry Prabu Prakoso | 01 Februari 2019 19:51 WIB
Gaji ASN - Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA – Pertanyaan Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara yang menanyakan kepada seorang aparatur sipil negara soal siapa yang menggajinya, ramai di media sosial dengan tagar #YangGajiKamuSiapa. Dari kasus ini, pejabat negara diminta lebih hati-hati. 

Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini mengatakan bahwa setiap ucapan dan tindakan bisa saja dihubungkan dengan pemilihan presiden.

“Itu bisa dibelokkan. Apalagi kalau pernyataan yang bersayap. Sekarang ini kan dikait-kaitkan,” katanya di Jakarta, Jumat (1/2/2019).

Oleh karena itu, Titi berpesan kepada semua pejabat negara untuk menjaga semua sikap dalam melaksanakan tugasnya agar masyarakat yang terpolarisasi tidak semakin terbelah. Dengan begitu, masyarakat tak ragu atas netralitas pelayanan publik yang dilakukan oleh pejabatnya. 

“Sebenernya netralitas ASN sama saja dengan penyelenggara pemilu. Mereka juga punya hak suara di TPS. Bedanya, ASN boleh di tempat kampanye untuk mendengarkan pemaparan visi dan misi,” jelasnya.

Kasus #YangGajiKamuSiapa Rudiantara mencuat ketika dalam acara sosialisasi informasi Pemilu yang digelar Kominfo Kamis (31/1/2019), di Hall Basket Senayan.

Di acara itu, Rudiantara mengatakan pemilihan desain sosialisasi Pemilu 2019 tidak terkait Pemilu Presiden 2019. Rudiantara pun menyuruh audience memilih 1 atau 2. Kemudian Rudiantara pun mengatakan yang nyoblos nomor 2 maju kedepan. Lalu seorang pegawai yang memilih desain nomor 2 maju dan Rudiantara menanyakan alasan ibu tersebut.

Ibu tersebut mengatakan, “Bismillahhirrahmanirrahim, mungkin terkait keyakinan saja Pak. Keyakinan atas visi misi yang disampaikan nomor dua, yakin saja.”

Rudiantara kemudian menegaskan bahwa pertanyaannya menyangkut desain stiker dan bukan pilpres 2019. Setelah itu, dia memanggil orang lain yang memilih desain 1. Orang itu kemudian menjawab desain stiker 1 lebih cerah. 

“Saya terima alasan yang nomor 1, tapi saya tidak bisa terima alasan nomor 2. Mohon maaf, ibu tidak bicara mengenai desain, terima kasih bu, terima kasih,” ucapnya. Rudiantara mempersilakan dua pegawai itu turun dari panggung. 

Namun saat keduanya sedang berjalan, dia memanggil kembali pegawai yang memilih desain stiker nomor 2. “Bu, Bu, yang bayar gaji Ibu siapa sekarang? Pemerintah atau siapa?,” tanya Rudiantara. Pegawai itu pun menjawab. Rudiantara kemudian menimpali. “Bukan yang keyakinan Ibu? Ya sudah, makasih.”

Tag : gaji pns, rudiantara, ASN
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top