Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Supermoon Timbulkan Gelombang Pasang di Pesisir Barat Daya Aceh

Supermonn (fenomena bulan penuh) akan menimbulkan gelombang pasang di pesisi Barat Daya Provinsi Aceh, ungkap Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Bisnis.com, MEULABOH – Supermonn (fenomena bulan penuh) akan menimbulkan gelombang pasang di pesisi Barat Daya Provinsi Aceh, ungkap Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

"Fenomena supermoon mempengaruhi kondisi pasang surut air laut di beberapa wilayah di Indonesia, selanjutnya berdampak kepada terganggunya aktifitas tranportasi di pelabuhan dan pesisir," kata Angga Yudha, prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Meulaboh-Nagan Raya, di Meulaboh, Sabtu (19/1/2019), seperti dilaporkan Antara.

Hal itu menyikapi adanya fenomena alam supermoon yang diperkirakan berlangsung selama dua hari yakni tanggal 19 dan 20 Januari 2019, potensi adanya peningkatan gelombang laut terjadi pada malam hari ketika berlangsungnya fenomena alam itu.

Wilayah Barat Daya Provinsi Aceh berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, ketika terjadi gelombang pasang tentunya akan berdampak secara langsung bagi kawasan terdekat pantai.

Angga Yudha, menyebutkan supermoon biasanya menimbulkan peningkatan pasang air laut, karena posisi perigee atau jarak terdekat bulan terhadap bumi mempengaruhi pada kondisi pasang maksimum air laut di Indonesia.

"Sebenarnya untuk wilayah kita Barat Selatan Aceh ini, tidak begitu terpengaruh Supermoon. Tapi ada baiknya penyeberangan Feri dan nelayan diperhatikan untuk area sepanjang Samudera Hindia," tambahnya.

Angga menyampaikan, terkait adanya fenomena supermoon yang terjadi tanggal 19 dan 22 Januari 2019, karena bulan dalam fase purnama itu akan berada dalam jarak terdekat dengan bumi, yakni sejauh 357.492 kilometer.

"Terkait hal ini, masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut serta terus memantau update informasi cuaca Maritim dari BMKG," lanjutnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Sutarno
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper