Rayakan Kumbh Mela, India Bakal Dipadati Hingga 150 Juta Umat Hindu

Umat Hindu di seluruh dunia akan berkumpul di India untuk merayakan Kumbh Mela, sebuah ritual ziarah yang diselenggarakan setiap 12 tahun sekali
Eva Rianti | 15 Januari 2019 02:59 WIB
Sumber: Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Umat Hindu di seluruh dunia akan berkumpul di India untuk merayakan Kumbh Mela, sebuah ritual ziarah yang diselenggarakan setiap 12 tahun sekali.

Dikutip dari Reuters, upacara keagamaan terbesar di dunia ini diadakan selama delapan minggu mulai dari 5 Januari—4 Maret 2019 di desa Kumbh kota Allahabad, India.

Pihak berwenang memperkirakan agenda umat Hindu tersebut akan dihadiri oleh 150 juta orang, termasuk jutaan pengunjung asing untuk mandi di Sungai Gangga, Yamuna, dan sungai yang dikenal mistis yakni Saraswati.

Orang Hindu yang taat percaya bahwa mandi di perairan Sungai Gangga membebaskan orang dari dosa dan mandi pada saat Kumbh Mela diyakini dapat membawa keselamatan dari siklus hidup dan mati.

“Keyakinan adalah apa yang membawa kita ke sini, untuk mandi di perairan meskipun udara dingin,” kata Ram Krishna Dwivedi sambil berjalan kembali dari pantai dengan mengenakan jubah putih. 

Lebih dari 80% dari 1,3 miliar orang India beragama Hindu, banyak dari mereka sangat religius meskipun kelas menengahnya semakin kebarat-baratan.

Pihak berwenang telah membuat jembatan ponton, 600 dapur massal dan lebih dari 100.000 toilet portabel pada daerah pertemuan sungai, yang dikenal dengan sebutan sangam.

Sebagian besar peziarah puas dengan penginapan yang lebih sederhana, tidur di tenda komunal besar atau di tempat terbuka. 

Sementara pengunjung yang memiliki uang tunai dapat tinggal di perkemahan mewah di tepi sungai yang menawarkan spa ayurvedic dan yoga, dan menghabiskan biaya hingga 32.000 rupee ($455) per malam. 

Sumber : Reuters

Tag : india, hindu
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top