Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

3 Fakta Kasta Dalit India yang Sangat Menyedihkan

Kasta dalit sering mengalami penindasan, karena munculnya sistem kasta dalam agama Hindu.
Warga di India berjalan sambil menggunakan masker /Bloomberg-Prashanth Vishwanathan
Warga di India berjalan sambil menggunakan masker /Bloomberg-Prashanth Vishwanathan

Bisnis.com, JAKARTA - Kasta dalit merupakan kasta terendah di India, mempunyai stigma untouchability atau tidak tersentuh membuat mereka banyak mendapatkan tindakan yang tidak baik dari kasta lainnya.

Dilansir dari minorityrights.org dan context.news, jumlah kaum dalit 16,6% dari populasi India, banyak tindakan afirmatif pemerintah terhadap kaum Dalit, semuanya ditujukan untuk memperbaiki status ekonomi mereka, tanpa membebaskan mereka dari pengaruh kasta yang tidak manusiawi.

Fakta-fakta kasta dalit di India yang sangat menyedihkan:

1. Diasingkan

Kasta dalit terus mengalami penindasan, semua itu karena munculnya sistem kasta dalam agama Hindu. Orang dengan kasta ini, banyak menerima tindakan semena-mena dari kasta lainnya, seperti tidak diperbolehkan untuk mengikuti acara keagamaan dan sosial. 

Pengucilan sosial yang pernah dialami kasta dalit, yakni ketika mereka terkena musibah bencana tsunami pada 26 Desember 2004. Kaum dalit tidak boleh mendapatkan bantuan, banyak dari mereka yang harus mengungsi ketempat yang sangat tidak layak, seperti di tempat pembuangan sampah atau di dekat kuburan.

Beberapa lembaga internasional, telah menyumbangkan tangki air portabel untuk kaum dalit, akan tetapi mereka tidak diperbolehkan untuk mengambil air dari sumbungan yang diberikan.  


2. Kesulitan ekonomi

Kaum dalit menjadi kelas masyarakat paling terpinggirkan di India, terdapat 80% kaum dalit yang tinggal didaerah pedesaan. Mereka bekerja sebagai petani atau buruh, penghasilan yang didapat hanya sedikit, sehingga menyulitkan mereka untuk memenuhi kebutuhannya

Pendapatan keuangan yang sedikit mengharuskan mereka meminjam uang kepada orang lain hingga rela melakukan pekerjaan tanpa dibayar untuk melunasi hutang mereka.


3. Mengalami pelecehan seksual

Mempunyai stigma untouchable atau tidak tersentuh, membuat perempuan kaum dalit mengalami diskriminasi. Banyak para perempuan kaum dalit yang mengalami kasus pelecehan seksual, kasus tersebut terus meningkat karena kurangnya tindakan hukum yang dilakukan. 

International Dalit Solidarity Network (IDSN) menyatakan kurang dari 2% kasus pemerkosaan yang dialami perempuan dalit berujung pada hukuman, dibandingkan dengan sekitar 25% terhadap perempuan di India pada umumnya. 

Para perempuan dalit, juga mengalami diskriminasi yakni tidak diperbolehkan mendapatkan bantuan kesehatan, pendidikan, upah bekerja, dan partisipasi dalam politik. (Nur Afifah Azahra Aulia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper