Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gempa Magnitudo 5,2 Guncang Nias. Gempa Kedua Tercatat Berkekuatan 4,5

Gempa bumi dengan kekuatan 5,2 disusul gempa dengan magnitudo 4,5 tercatat terjadi di kawasan Nias, Sumatra Utara.

Gempa Magnitudo 5,2 Guncang Nias. Gempa Kedua Tercatat Berkekuatan 4,5
Bisnis.com, JAKARTA - Gempa bumi dengan kekuatan 5,2 disusul gempa dengan magnitudo 4,5 tercatat terjadi di kawasan Nias, Sumatra Utara.

Berdasarkan catatan BMKG, gempa dengan magnitudo 4,5 terjadi di kawasan Nias, Sumatra Utara.

Gempa pada 29 Desember  2018, pukul 15:23:17 WIB itu berpusat di laut dengan kedalaman 24 Km.

Gempa tercatat pada koordinat 1.01 Lintang Utara dan  97.36 Bujur Timur. 

Adapun pusat gempa berada di laut 8 km barat laut Sirombu Nias Barat. gempa  tercatat dirasakan di Gunung Sitoli dengan Skala MMI : II Gunung Sitoli,

Sebelumnya pada pukul 15:15:23 WIB tercatat gempa pada koordinat 0.97 Lintang Utara,  97.2 Bujur Timur dengan magnitudo 5, 2 pada kedalaman 22 Km. 

Pusat gempa berada di laut 31 km barat daya Nias Barat. Gempa dirasakan di Nias Utara, Nias Selatan, dan Gunung Sitoli dengan skala MMI III, sementara di Sirombu dan Telum Dalam gempa dirasakan dalam skala MMI II hingga III.

Beberapa jam sebelumnya pada 10:39:12 WIB, di koordinat 5.85 Lintang Utara,  126.81 Bujur Timur tercatat gempa berkekuatan 7,1 pada kedalaman 69 Km.

Pusat gempa berada di laut Mindanao - Filipina dan dirasakan di Talaud dalam skala MMI IV, di Tahuna dan Sangihe (skala MMI III - IV), serta di Siau Sitaro, Tobelo, Morotai (Skala MMI III). Sedangkan di Manado, Ternate dan Jailolo gempa yang dirasakan berada pada skala MMI II,

Terkait gempa yang terjadi pada pukul 15.15, Bisnis mendapatkan informasi bahwa berdasarkan informasi dari GeoForschungsZentrum (GFZ) Jerman, pusat gempa bumi berada pada koordinat 97,28°BT dan 0,99 °LU dengan kekuatan M 4,9 dan kedalaman 10 km.

Sementara The United States Geological Survey (USGS), Amerika, menginformasikan bahwa pusat gempa bumi terletak pada koordinat 97,315° BT dan 1,046° LU, dengan kekuatan M 5,1 pada kedalaman 23,4 km. II.

Kondisi geologi daerah terdekat pusat gempa bumi Pusat gempa bumi berada perairan barat Pulau Nias, Sumatra utara. Wilayah yang berdekatan dengan pusat gempa bumi adalah Pulau Nias yang disusun oleh batuan tua atau berumur Pra-Tersier.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Saeno
Editor : Saeno
Sumber : bmkg/esdm

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper