Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

1 Januari, China Hentikan Tarif Tambahan Suku Cadang Mobil AS

China akan menghentikan sementara tarif tambahan 25% pada kendaraan dan suku cadang mobil buatan AS mulai 1 Januari 2019.
Tesla/Reuters
Tesla/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - China akan menghentikan sementara tarif tambahan 25% pada kendaraan dan suku cadang mobil buatan AS mulai 1 Januari 2019.

Hal tersebut dinyatakan oleh Kementerian Keuangan Amerika pada hari Jumat (14/12/2018) dalam situs resminya, setelah gencatan senjata dalam perang dagang antara dua negara terbesar di dunia.

Kemenkeu AS juga menyatakan mereka berharap negosiasi dapat berjalan cepat, sehingga mereka dapat menghapus semua tarif tambahan atas barang-barang satu sama lain dan mengurangi tarif dari 40% menjadi 15%.

Adapun, Presiden AS Donald Trump menyambut baik pengumuman itu. "KAMI. melakukannya dengan sangat baik. China ingin membuat kesepakatan besar dan sangat komprehensif. Itu bisa terjadi, dan agak cepat!" Katanya dalam cuitan di akun Twitternya, yang di kutip dari laman Reuters, Sabtu (15/12/2018).

Dalam perkembangan yang sama, Tesla Inc (TSLA.O) mengatakan telah memotong harga pada Model S dan kendaraan Model X di China.

"Ini adalah sinyal yang baik bahwa China dan Amerika Serikat berada di jalur untuk memecahkan perang perdagangan. Pembuat mobil mungkin memesan sejumlah besar mobil impor sekarang," kata Wang Cun, Direktur Komite Impor Asosiasi Otomotif China.

Selain itu, Joe Hinrichs Presiden Operasional Global Ford Motor Co (F.N), juga menyambut baik perkembangan tersebut.

"Kami menghargai kedua pemerintah untuk bekerja sama secara konstruktif untuk mengurangi hambatan perdagangan dan pasar terbuka, ”kata Hinrichs.

Sebagai informasi, dengan perkembangan baik tersebut saham Ford menunjukkan performa baiknya dan naik 2% pada hari Jumat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : M. Richard
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper