Hampir Sejuta Orang Ikut Tes CPNS di China

Tes penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di China diikuti hampir satu juta orang.
Newswire | 03 Desember 2018 21:37 WIB
Bendera China di luar gedung People's Bankf of China. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Tes penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di China diikuti hampir satu juta orang.

Badan Kepegawaian Sipil China (SACS) menyebutkan 920.000 orang mengikuti tes penerimaan CPNS tahun ini untuk memperebutkan 14.500 formasi di kantor dan lembaga pemerintahan.

Ujian penerimaan tersebut dianggap sebagai salah satu tes yang paling kompetitif di China karena hanya satu dari setiap 63 kandidat yang bisa dipekerjakan di lembaga pemerintahan pada tahun ini, demikian media resmi setempat melaporkan, Senin.

Tes penerimaan pegawai pemerintah di China digelar setiap tahun. Posisi yang dibuka bagi pelamar pada tahun ini lebih sedikit.

Pada tahun lalu, pemerintah China membutuhkan 28.000 pegawai baru dan sudah formasi tersebut semuanya sudah terisi.

Selain menjalani ujian tulis pada Minggu (2/12/2018), para pelamar harus menjalani tes sesuai bidang kebutuhan, seperti keuangan, keamanan publik, luar negeri, dan beberapa bidang lain yang membutuhkan tes lanjutan keterampilan profesi.

Pegawai pemerintah sipil masih menjadi profesi dambaan bagi sebagian besar masyarakat di negara berpenduduk 1,4 miliar jiwa tersebut.

"Banyak orang ingin menjadi pegawai pemerintah sipil. Tapi persaingannya juga sangat ketat," kata seorang pegawia pemerintah sipil di Pemerintah Kota Guangzhou kepada Antara beberapa waktu lalu.

Sumber : Antara

Tag : china, cpns
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top