Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pesawat Rusak, Kanselir Jerman Angela Merkel Tidak Hadiri Pembukaan KTT G20

Kanselir Jerman Angela Merkel dipastikan akan melewatkan pembukaan KTT G20 di Argentina pada Jumat (30/11/2018) menyusul kerusakan teknis yang menimpa pesawat yang ia tumpangi dalam perjalanan menuju Buenos Aires pada Kamis (29/11/2018).
Iim Fathimah Timorria
Iim Fathimah Timorria - Bisnis.com 30 November 2018  |  18:37 WIB
Kanselir Jerman Angela Merkel. - Reuters
Kanselir Jerman Angela Merkel. - Reuters

Kabar24.com, JAKARTA - Kanselir Jerman Angela Merkel dipastikan akan melewatkan pembukaan KTT G20 di Argentina pada Jumat (30/11/2018) menyusul kerusakan teknis yang menimpa pesawat yang ia tumpangi dalam perjalanan menuju Buenos Aires pada Kamis (29/11/2018).

Pesawat Airbus A340 milik pemerintah Jerman tersebut harus mendarat darurat di Bandara Koln-Bonn pada Kamis malam waktu setempat.

Majalah Der Spiegel, dilansir Reuters, melaporkan bahwa sistem komunikasi pesawat tersebut mengalami malfungsi total sehingga memaksa pilot mendarat darurat dengan mengandalkan sinyal telepon.

Terdapat indikasi bahwa malfungsi tersebut disebabkan suatu aktivitas kriminal, namun pihak angkatan udara Jerman memastikan tidak ada aktivitas mencurigakan yang menyebabkan kerusakan pesawat.

Sebelumnya, harian Rheinische Post asal Jerman, mengutip sebuah sumber pihak keamanan mengatakan bahwa pemerintah melakukan penelusuran apakah insiden yang dialami Airbus A430 disebabkan oleh aksi kriminal. Sumber tersebut juga menambahkan bahwa investigator juga akan menyelidiki segala aspek selepas insiden seperti itu terjadi.

"[Penyelidikan] Itu adalah pemeriksaan standar yang dilakukan pada sistem radio yang mengalami kerusakan," kata seorang juru bicara Angkatan Udara Jerman sekaligus menepis dugaan keterlibatan aksi kriminal yang disengaja.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

g20 Angela Merkel
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top