Ridwan Kamil Siapkan Saber Hoaks

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyiapkan unit khusus Sapu Bersih Hoaks (Saber Hoaks) dalam waktu dekat.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 29 November 2018  |  14:57 WIB

Bisnis.com, BANDUNG—Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyiapkan unit khusus Sapu Bersih Hoaks (Saber Hoaks) dalam waktu dekat.

Ridwan Kamil mengatakan Pemprov Jabar memiliki kebutuhan menjaga kondusifitas terutama terkait beredarnya informasi-informasi hoaks di sosial media. 

“Karena sekarang keresahan masyarakat pertengkaran itu dimulainya dari hadirnya informasi yang meresahkan tidak jarang datang dari berita yang difabrikasi atau bohong,” katanya di DPRD Jabar, Bandung, Kamis (29/11/2018). 

Menurutnya pembentukan Saber Hoaks ini merupakan kebutuhan zaman.  Karena itu daripada bertindak defensif dan jadi korban maka pemerintah provinsi harus proaktif.

“Maka dibentuk tim taktis Jabar Saber Hoax. Tugasnya untuk memverivikasi kalau sangat destruktif bisa dilanjutkan ke ranah hukum oleh sebuah lembaga,” tuturnya.

Saat ditanya teknis penanganan berita hoaks ini oleh tim berikut dinas yang menjadi leading sectornya Gubernur Ridwan Kamil menjanjikan akan dijelaskan dan diluncurkan pada pekan depan.

Sementara terkait hoaks yang akan ditangani, apakah berkaitan dengan berita-berita bohong mengenai Pemprov Jabar pihaknya memastikan tak hanya itu. [Hoaksnya] +Apa saja yang jadi top of mind warga Jabar,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
jabar, ridwan kamil, saber pungli

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup