Arab Saudi dan UEA Tawarkan Bantuan US$500 Juta untuk Yaman

Arab Saudi dan Uni Emirat Arab (UAE) telah menawarkan bantuan sebesar US$500 juta untuk meringankan situasi kemanusiaan yang sulit di Yaman, yang dicabik perang.
Newswire | 21 November 2018 08:25 WIB
Ilustrasi: Serangan udara terhadap kamp pengungsi Yaman - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Arab Saudi dan Uni Emirat Arab (UAE) telah menawarkan bantuan sebesar US$500 juta untuk meringankan situasi kemanusiaan yang sulit di Yaman, yang dicabik perang.

"Tujuan gagasan tersebut ialah menjamin makanan buat sebanyak 10-12 juta orang Yaman," kata Abdullah bin Abdulaziz Ar-Rabiah, Penyelia Pusat Peredaan dan Bantuan Kemanusiaan Raja Salman, dalam satu taklimat, Selasa (20/11/2018).

Ia menyatakan Arab Saudi, UAE dan Kuwait telah menawarkan US$1,25 miliar untuk upaya kemanusiaan di Yaman.

"Kami bekerjasama dengan organisasi PBB untuk mengirim bantuan buat mereka yang memerlukan di Yaman," kata pejabat itu, sebagaimana dikutip Kantor Berita Anadolu --yang dipantau di Jakarta, Selasa (20/11/2018) malam.

Arab Saudi dan UAE adalah bagian dari koalisi pimpinan Arab Saudi yang telah melancarkan operasi udara gencar terhadap gerilyawan Syiah Al-Houthi, yang menguasai sebagian besar wilayah Yaman pada 2014.

Berbagai kelompok hak asasi manusia telah menyalahkan koalisi pimpinan Arab Saudi karena menciptakan krisis kemanusiaan di Yaman, tuduhan yang dengan tegas dibantah oleh koalisi militer itu.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Selasa memperingatkan bahwa lebih dari 11 juta anak memerlukan bantuan kemanusiaan di Yaman.

"Mereka memikul beban paling besar selama tiga-setengah tahun konflik yang memporak-porandakan," kata Kantor WHO di Yaman di akun Twitter.

Konflik empat-tahun telah memporak-porandakan prasarana Yaman, termasuk sistem kebersihan dan air, sehingga PBB menggambarkan situasi tersebut sebagai "salah satu bencana kemanusiaan paling besar pada zaman modern".

Sumber : Antara

Tag : arab saudi, Perang Yaman
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top