Lukisan Picasso Yang Dicuri Muncul Kembali di Rumania

Sebuah lukisan yang diyakini \"Tte d\'Arlequin\" oleh Pablo Picasso dicuri pada 2012 dari museum Kunsthal Rotterdam kini muncul di Rumania, kata jaksa pada hari Minggu (18/11/2018).
Putri Salsabila | 18 November 2018 23:22 WIB
Tempat kosong di dinding menandai tempat di mana lukisan Henri Matisse yang dicuri berada di galeri seni Kunsthal Rotterdam di Belanda pada 16 Oktober 2012. - REUTERS/Robin van Lonkhuijsen/File Photo

Bisnis.com, JAKARTA  — Sebuah lukisan yang diyakini "Tte d'Arlequin" oleh Pablo Picasso dicuri pada 2012 dari museum Kunsthal Rotterdam kini muncul di Rumania, kata jaksa pada hari Minggu (18/11/2018).

Dalam salah satu perampokan paling dramatis di dunia seni, pencuri mencuri tujuh lukisan oleh Picasso, Matisse, Monet, dan lain-lain, bernilai jutaan euro.

Sementara itu, pemimpin pemberontak Rumania dan antek-anteknya dihukum karena pencurian pada 2013. Tidak ada karya seni yang ditemukan dan para ahli Rumania percaya bahwa setidaknya tiga dari karya seni tersebut dibakar untuk menghancurkan bukti.

"Jaksa penuntut kejahatan terorganisir sedang menyelidiki situasi di mana sebuah lukisan yang ditandatangani oleh Picasso senilai sekitar 800.000 euro (US$ 913.440) ditemukan pada Sabtu malam di daerah Tulcea," kata mereka seperti dikutip pada Reuters.

Mereka mengatakan dua warga Belanda tiba di Kedutaan Besar Belanda di Bucharest dengan lukisan yang mengatakan mereka telah menemukannya di daerah tenggara Rumania.

Rekaman kamera keamanan yang dirilis pada saat pencurian terjadi menunjukkan sekelompok masuk melalui pintu belakang museum dan menghilang. Beberapa detik kemudian mereka muncul kembali membawa benda-benda besar.

Karya-karya lain yang dicuri adalah  karya Matisse yang berjudul “La Liseuse en Blanc et Jaune”,Waterloo Bridge, London” dan “Charing Cross Bridge, London” milik Monet, karya Gauguin “Femme devant une fenêtre ouverte”, “Autoportrait” karya Meijer De Haan dan ”Woman with Eyes Closed” karya Lucian Freud.

Sumber : Reuters

Tag : lukisan, seni rupa
Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top