Trump: Government Shutdown Bulan Depan. Tidak Perlu, Tapi Memungkinkan

Penutupan pemerintahan (government shutdown) di AS, yang dipicu anggaran pendanaan pembangunan dinding perbatasan AS - Meksiko, yang dikhawatirkan terjadi pada Desember dapat dihindari jika kesepakatan antara dua partai yang menguasai Kongres AS.
Dwi Nicken Tari | 08 November 2018 13:05 WIB
Ilustrasi - Reuters/Joshua Roberts

Bisnis.com, JAKARTA— Penutupan pemerintahan (government shutdown) di AS, yang dipicu anggaran pendanaan pembangunan dinding perbatasan AS— Meksiko, yang dikhawatirkan terjadi pada Desember dapat dihindari jika kesepakatan antara dua partai yang menguasai Kongres AS tercapai.

Hal itu disampaikan Presiden AS Donald Trump dalam konferensi pers, Rabu (7/11/2018), setelah pemilu sela yang diselenggarkan sehari sebelumnya membawa Partai Demokrat menggeser posisi mayoritas Partai Republik di DPR AS. Trump menjelaskan, shutdown itu tidak perlu walaupun memungkinkan.

“Kami akan melihat apa yang terjadi berikutnya. Kami akan memperjuangkannya. Saya telah berbicara dengan Demokrat sepanjang waktu dan mereka setuju bahwa dinding itu diperlukan. Kami ingin membangun dinding dalam satu waktu, tidak bertahap,” ujar Trump, seperti dikutip Bloomberg, Kamis (8/11/2018).

Trump telah menjadikan isu pembangunan tembok perbatasan AS dengan Meksiko sebagai agenda utama kepresidenan selama masa kampanye presiden pada 2016. Menurutnya, dinding itu diperlukan untuk menjaga keamanan AS dan mencegah kriminal memasuki Negeri Paman Sam.

Namun, dalam pernyataan sebelumnya, Trump sempat mengatakan bahwa shutdown yang baik mungkin diperlukan sehingga Demokrat dapat terdorong untuk menyepakati pendanaan yang nilainya mencapai hampir US$23 miliar tersebut.

Anggota senat dari Partai Republik dan Demokrat telah mengajukan anggaran sebesar US$1,6 miliar untuk dinding tersebut pada tahun ini, sementara anggota Partai Republik di DPR AS dan Gedung Putih meminta sebanyak US$5 miliar.

Partai Demokrat menolak pembangunan dinding tersebut dengan alasan mengeluarkan dana yang mahal, tidak efektif, dan menjadi simbol kebencian terhadap orang Latin. 

Akan tetapi Partai Demokrat telah memberikan indikasi untuk mendukung pendanaan tersebut sebagai ganti dari kesepakatan yang akan memberikan perlindungan kepada imigran tanpa dokumen yang dideportasi dan menyediakan kewarganegaraan bagi mereka

Jika government shutdown benar-benar terjadi setelah masa anggaran kedaluarsa pada 7 Desember 2018, dampaknya diperkirakan terbatas.

Pasalnya, sebagian besar agensi federal pemerintah telah mendapatkan pendanaan hingga akhir tahun fiskal menjelang September 2019, termasuk di antaranya Departemen Pertahanan, Departemen Urusan Veteran, Departemen Kesehatan, dan Departemen Jasa SDM.

Adapun komentar Trump tersebut merupakan respons dari pernyataan Ketua Mayoritas Senat Mitch McConnell sebelumnya yang menyampaikan bahwa pemerintah tidak akan bergerak menuju shutdown.

“Kami perlu menyelesaikan pekerjaan ini,” ujarnya.

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top