Lion Air Jatuh : Warganet Saling Ingatkan Jangan Unggah Potongan Tubuh Korban

Selain ramai mengucapkan belangsungkawa atas kecelakaan jatuhnya pesawat Lion Air JT610, warganet di media sosial mulai ramai mengingatkan larangan mengunggah foto tubuh korban.
Gloria Fransisca Katharina Lawi | 29 Oktober 2018 14:02 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Selain ramai mengucapkan belangsungkawa atas kecelakaan jatuhnya pesawat Lion Air JT610, warganet di media sosial mulai ramai mengingatkan larangan mengunggah foto tubuh korban.

Berdasarkan pantauan Bisnis.com, pada Senin (29/10/2018) sejumlah warganet mulai ramai dengan tweet unggahan foto korban.

Merespon hal tersebut, Bisnis.com juga menemukan sejumlah netizen yang menyebarkan pesan positif dengan mengingatkan sesama warganet agar jangan menyebarluaskan tubuh korban di media sosial.

"Guys please. Jangan disebarluaskan #JT610” unggahan pemilik akun @bongnamhyun beserta gambar pesawat Lion Air bertuliskan, “STOP DI KAMU! Jika menerima foto-foto korban, tak perlu disebarkan lagi. pertimbangkan perasaan keluarga korban. Jadilah netizen cerdas dan bijak! Think Before Posting. #PrayForJT-610 #PrayForLionAir”

Ada pula pemilik akun @Zhiieeaa mengungguh gambar yang sama dengan tulisan “#armybts bantu sebarin yaa #JT610 #BTS #btsarmy”.

Begitu pula akun @ripkurip mengunggah gambar yang sama dengan tulisan “Please for netizen #JT610”.

Sementara itu Kementerian Komunikasi dan Informatika juga sudah meluncurkan siaran pers yang isinya mengingatkan soal hoaks terkait peristiwa jatuhnya  pesawat Lion Air JT610 rute Jakarta-Pangkal Pinang.

Dalam siaran pers itu, Plt. Kepala Biro Humas Kemkominfo, Ferdinandus Setu menyampaikan turut berbelangsungkawa atas musibah jatuhnya pesawar Lion Air JT610 rute Jakarta-Pangkal Pinang pada Senin, (29/10/2018).

Kominfo juga mengimbau warganet untuk tidak menyebarkan foto-foto korban dari musibah jatuhnya pesawat Lion Air JT610 melalui media apapun, termasuk media sosial.

Kominfo juga mengingatkan setiap aktivitas di ruang sibert termasuk aktivitas mendistribusikan, mentransmisikan dan membuat dapat diaksesnya informasi hoaks diatur dengan UU RI No.19/2016 tentang Perubahan atas UU RI No.11/2009 terkait Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Bisnis mencatat, saat ini trending topic di Twitter merespon #JT610 sudah mencapai sekitar 106.000 cuitan, sementara untuk hashtag #LionAir sudha mencapai 26,200 tweet.

Tag : kominfo, lion air jatuh
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top