Pemerintah Arab Konfirmasi Khashoggi Meninggal di Tangan Agen

Pemerintah Arab dalam pernyataan Sabtu (20/10/2018) mengonfirmasi bahwa wartawan Jamal Kashoggi meninggal dunia.
Miftahul Ulum | 20 Oktober 2018 06:50 WIB
Jamal Khashoggi - reuters

Bisnis.com, SURABAYA – Pemerintah Arab dalam pernyataan Sabtu (20/10/2018) mengonfirmasi bahwa wartawan Jamal Kashoggi meninggal dunia.

Laporan CNBC yang dipantau Sabtu pagi menjelaskan otoritas Arab Saudi (general presecutor) mengatakan jurnalis perang tersebut meninggal dalam baku hantam dengan sejumlah orang yang ditemui di konsulat Arab di Istanbul, Turki. Kerajaan menduga Khashoggi meninggal dalam kejadian itu.

Penjelasan resmi tersebut bertentangan dengan sejumlah laporan tentang kasus ini. Otoritas di Turki menyebutkan ada bukti rekaman suara bahwa jurnalis kritis tersebut disiksa, dibunuh dan dimutilasi oleh tim agen dari Saudi.

Keterangan terbaru dari otoritas Arab juga bertentangan dengan pernyataan awal tatkala kasus ini menyedot perhatian publik. Pangeran Mohammed bin Salman mengutarakan ke Bloomberg bahwa sang jurnalis meninggalkan konsulat sesaat setelah tiba.

"Sepengetahuan saya dia masuk dan keluar beberapa menit atau jam. Saya tidak yakin. Kami akan investigasi melalui Kementerian Luar Negeri apa yang sebenarnya terjadi," jelasnya kepada Bloomberg.

Tatkala dikonfirmasi apakah Khashoggi tidak di dalam konsulat, pangeran mengatakan,"Ya, dia tidak di dalam."

Kerajaan dalam perkembangan kasus ini juga memecat Wakil Kepala Intelijen Jenderal Ahmad bin Hassan Asiri dan penasehat pengadilan Abdullah Al-Qahtani. Kerajaan juga menegaskan komitmen untuk mereformasi dan merestrukturisasi divisi intelijen di bawah pengawasan Pangeran Mohammed menuju aturan yang modern dan menggunakan kekuasaan secara tepat.

Rekaman yang beredar luas menunjukkan Khashoggi masuk konsulat Arab di Turki, 2 Oktober dan menghilang setelah itu. Rekaman suara kejadian di dalam konsulat diketahui dari rekaman di ponsel jurnalis yang titipkan ke pacarnya yang menunggu di luar gedung.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jamal Khashoggi

Sumber : CNCB
Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top