Trump Peringatkan Konsekuensi ‘Besar’ Atas Hilangnya Khashoggi

Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan wartawan Jamal Khashoggi yang hilang ‘kemungkinan besar’ telah tewas dan memperingatkan konsekuensi yang "sangat besar" terhadap pembunuhan tersebut.
Aprianto Cahyo Nugroho | 19 Oktober 2018 07:31 WIB
Presiden AS Donald Trump duduk di kursi yang disediakan untuk kepala negara sebelum menyampaikan pidatonya di Sidang Majelis Umum PBB k3-73 di kantor pusat AS di New York, AS, 25 September 2018. - Reuters

Kabar24.com, JAKARTA – Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan wartawan Jamal Khashoggi yang hilang ‘kemungkinan besar’ telah tewas dan memperingatkan konsekuensi yang "sangat besar" terhadap pembunuhan tersebut.

Trump mengatakan kepada wartawan hari Kamis bahwa pemerintahannya sedang menunggu hasil dari tiga investigasi berbeda ketika sebelum memutuskan bagaimana memberikan tanggapan di tengah laporan bahwa Khashoggi disergap di dalam konsulat Saudi di Istanbul, kemudian disiksa dan dibunuh.

"Maksud saya, itu buruk, sangat buruk. Tapi kita akan lihat apa yang terjadi," ungkap Trump, seperti dikutip Bloomberg.

Komentar tersebut menjadi tanda terbaru bahwa pemerintah AS berada di bawah tekanan untuk bertindak lebih setelah Khashoggi, yang juga seorang kritikus pemerintah Saudi, hilang lebih dari dua pekan lalu.

Menteri Keuangan Steven Mnuchin pada hari sebelumnya mundur dari konferensi investasi di Riyadh setelah Menteri Luar Negeri AS, Michael Pompeo, memaparkan penjelasan padanya dan Trump menyusul perjalanan ke Arab Saudi dan Turki pada Senin.

Setelah satu hari pertemuan pada hari Selasa dengan Raja Salman dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman, Pompeo mengatakan para pemimpin Saudi memahami pentingnya menghasilkan laporan cepat dan menyeluruh tentang nasib Khashoggi. Pada hari Kamis, dia mengatakan para pejabat Saudi membutuhkan beberapa hari lagi untuk menyelesaikan pekerjaan mereka.

Salah seorang pejabat AS mengatakan pemerintahan Trump telah memberi waktu Saudi dua hari untuk memberikan penjelasan tentang apa yang terjadi pada Khashoggi, siapa yang akan dimintai pertanggungjawaban, serta konsekuensi apa yang akan mereka hadapi.

"Kami menjelaskan kepada mereka bahwa kami menangani masalah terkait Khashoggi dengan sangat serius," kata Pompeo kepada wartawan di Gedung Putih setelah pertemuan.

Pompeo melanjutkan bahwa Saudi sepakat dan mereka juga meyakinkan untuk melakukan penyelidikan menyeluruh terhadap semua fakta seputar Khashoggi secara tepat waktu.

Administrasi Trump juga menghadapi meningkatnya kemarahan bipartisan di Kongres atas peran Arab Saudi dalam penghilangan Khashoggi.

Sementara anggota parlemen mengancam akan memberi sanksi kepada pemerintah Saudi, Trump, yang telah membina hubungan lebih dekat dengan kerajaan, telah mengambil sikap hati-hati. Dalam pidatonya Kamis, Pompeo menekankan aliansi panjang antara AS dan Arab Saudi.

"Mereka adalah aliansi strategis penting dari AS dan kita perlu memperhatikan hal itu juga," katanya.

Tag : Donald Trump, Jamal Khashoggi
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top