Makara Art Center UI Gelar Pameran Komik Otokritik Relijiusitas

Makara Art Center Universitas Indonesia menyelenggarakan pameran lukisan karya pelukis Hidayat LPD dan diskusi seni Makara Art Center.
Maftuh Ihsan | 12 Oktober 2018 16:35 WIB

Bisnis.com, JAKARTA--Makara Art Center Universitas Indonesia menyelenggarakan pameran lukisan karya pelukis Hidayat LPD dan diskusi seni Makara Art Center.

I. Yudhi Soenarto, Director Makara Art Center, menuturkan untuk menggelar acara yang berlangsung selama 8-20 Oktober 2018 di Makara UI Art Center itu, pihaknya menjalin kerja sama dengan pelukis Hidayat LPD. 

Dia menjelaskan, pada hari pembukaan pameran tersebut, pihaknya akan menyelenggarakan sesi diskusi dengan kedua komikus, kemudian dilanjutkan dengan acara workshop pembuatan komik strip di hari yang sama.

"Di hari-hari berikutnya, pengunjung dapat menikmati karya komikus kawakan ini di ruang pameran; pengunjung juga bisa memperoleh karya-karya rilisan independen mereka selama pameran berlangsung," ujar Yudhi melalui keterangan resmi, Jumat (12/10/2018).

Hidayat LPD pernah mengadakan pameran bersama di Sidney bersama para pelukis Sanggar Bambu yang diselenggarakan bersamaan dengan peresmian Opera House Sidney yang terkemuka.

Selain Sidney, dia pun pernah mengikuti pameran di Muenchen, Jerman, bahkan karyanya terpilih sebagai sebagai pemenang pertama pada kompetisi yang diselenggrakan. Setelah itu, dia lebih banyak berpameran di dalam negeri

Hidayat LPD menjadi sosok yang unik. Lahir di Jakarta pada 3 mei 1943, kemudian pada usia 1 tahun pindah ke Garut dan melewati masa kecil di kota dodol itu.

Namun, kemudian dia mendewasakan diri di Jakarta, setelah menyelesaikan pendidikan Sekolah Rakyat (Sekarang SD), SMP, dan SMA di Bandung. Lepas SMA, dia masuk sekolah Camat dan kemudian diangkat menjadi Camat di Karang Ampel, Indramayu. Dia hanya bertahan 3 bulan di posisi itu dan terpaksa “kabur” ke Bandung karena dikejar PKI.

Makara Art Center Universitas Indonesia merupakan UPT di lingkungan Universitas Indonesia yang bertugas mengelola fasilitas pusat kesenian dan menyusun program acara kesenian, serta melaksanakannya.

Hal ini sejalan dengan tujuan Universitas Indonesia untuk mewujudkan dan menyiapkan peserta didik agar menjadi lulusan yang cerdas dan bernurani melalui penyediaan program pendidikan yang jelas dan terfokus sehingga dapat menerapkan, mengembangkan, memperkaya, dan memajukan ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan.

Tag : pameran lukisan
Editor : Maftuh Ihsan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top