Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

“Mengatasi Gap Diseminasi Informasi”

Bisnis.com, JAKARTA – Hubungan diplomatik antara Indonesia dan Swedia yang telah terjalin lama diharapkan dapat kian mendorong peningkatan kerja sama, yang bisa memberikan hasil positif bagi pertumbuhan ekonomi kedua negara.
Ilustrasi - Terminal peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta./Reuters-Darren Whiteside
Ilustrasi - Terminal peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta./Reuters-Darren Whiteside

1. Peningkatan Hubungan Perdagangan

Bagaimana strategi Anda untuk mendorong peningkatan hubungan perdagangan?

Kami melaksanakan promosi secara intensif atas produk-produk unggulan Indonesia, baik melalui penyelenggaraan seminar potensi dagang dan kerja sama ekonomi di Indonesia. Ada juga business meeting dengan pengusaha setempat maupun partisipasi dalam pameran-pameran perdagangan di Swedia.

KBRI Stockholm juga secara rutin mengikuti berbagai kegiatan pameran untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk unggulan Indonesia di Swedia. Sebagai contoh, Indonesia berpatisipasi pada acara Stockholm Light and Furniture, yang merupakan ajang untuk mempromosikan produk furniture Indonesia.

Kami juga menyelenggarakan acara Festival Kampung Indonesia. Ini bertujuan untuk mempromosikan sektor perdagangan produk kerajinan, dan promosi kuliner seperti kopi, teh, jamu, dan produk-produk makanan siap saji Indonesia.

Apa yang masih menjadi tantangan bagi kerja sama perdagangan kedua negara?

Tantangan yang paling utama adalah masih belum banyak pengusaha maupun masyarakat Swedia yang mengetahui potensi Indonesia sebagai mitra dagang yang reliable dan mampu memproduksi produk-produk dengan kualitas yang unggul.

Namun, kami juga memerhatikan bahwa untuk pengusaha Indonesia sendiri, masih belum banyak yang mengetahui potensi Swedia sebagai tujuan ekspor yang berpotensi dan menjanjikan.

Dalam kaitannya dengan rantai suplai distribusi barang, masih banyak pengusaha Indonesia yang belum berpengalaman memadai dalam hal ekspor dan pengiriman barang ke Swedia. Ketidaktahuan ini membuat calon mitra di Swedia mengalami kendala ketika ingin memfinalisasi pesanan impornya kepada mitra di Indonesia.

Bagaimana strategi yang Anda lakukan untuk mengatasi kendala tersebut?

Kami menggelar business meeting yang mempertemukan pelaku usaha Indonesia dengan pelaku usaha potensial Swedia. Misalnya, pada Mei 2018 kami menyelenggarakan kegiatan promosi kopi specialty Indonesia dan promosi batik Indonesia. Dengan adanya kegiatan tersebut, pelaku usaha Indonesia bisa langsung berinteraksi dengan pelaku usaha Swedia.

Bagaimana Anda melihat peluang kerja sama investasi?

Sebagai salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi yang stabil dan GDP perkapita yang besar, Swedia memiliki potensi untuk mengembangkan investasinya ke luar negeri. 

Sebagai negara yang memiliki filosofi perdagangan dan investasi yang berorientasi ke luar/internasional, saat ini nilai outward investment Swedia lebih besar dibandingkan dengan inward investment-nya.

Sektor apa saja yang dinilai menarik?

Khusus outward investment, Swedia memiliki minat yang besar untuk mengembangkan kerja sama investasi di bidang pengelolaan energi baru dan terbarukan. Hal ini mengingat keunggulan Swedia di sektor tersebut, terutama untuk pengolahan sampah menjadi energi (waste to energy), hydropower, angin, dan biomassa.

Selain itu untuk sektor perhubungan, terdapat minat untuk melakukan investasi, melalui kerja sama dalam navigasi udara atau air traffic control. Swedia juga memiliki minat tinggi untuk mengembangkan investasi di bidang manufaktur, teknologi, dan sains karena cukup unggul di bidang-bidang tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Bisnis Indonesia
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper