Jusuf Kalla: Anggota DPR Jangan Hanya Datang, Duduk, Diam, Duit, dan Ditangkap

Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK memberikan pengarahan dalam acara pembekalan calon anggota legislatif Partai NasDem di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara, Senin (3/9/2018).
JIBI | 03 September 2018 14:14 WIB
Usai Jack Ma dan Sun Yang tampil, Wakil Presiden Jusuf Kalla mematikan api obor api yang menyala di cauldron keris di jalur pedestrian Pintu 6 Gelora Bung Karno - Bisnis / Hery Trianto

Bisnis.com. JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK memberikan pengarahan dalam acara pembekalan calon anggota legislatif Partai NasDem di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara, Senin (3/9/2018).

JK berpesan agar para calon anggota legislatif atau caleg yang terpilih nantinya tidak 4D saat bertugas di Dewan Perwakilan Rakyat.

"Jangan hanya datang, duduk, diam, kemudian mendapat duit," katanya.

Yang lebih bahaya lagi, kata JK, kalau menjadi 5D, yaitu datang, duduk, diam, duit, ditangkap. Karena itu, JK meminta para caleg yang terpilih menjadi wakil rakyat harus memiliki modal di DPR, yaitu kepintaran untuk berbicara, berdebat, dan berdiskusi.

Untuk memiliki modal itu, JK menyarankan, mereka harus terus belajar dan banyak membaca buku.

"Ikut diskusi supaya terhindar dari 4D. Datang duduk diam duit. Bisa-bisa 5D, ditangkap," ujarnya.

Selain itu, kata JK, para caleg juga harus mempunyai modal, yaitu mengetahui sistem nasional, mengetahui keadaan, dan melihat program ke depan. Modal penting lainnya, JK menyebutkan adalah sabar mendengar.

Menurut JK,  anggota DPR harus punya modal sabar karena akan sering mendengarkan anggota DPR lainnya berbicara sepanjang hari.

"Kalau enggak sabar nunggu mendengar orang, Anda juga tidak didengar," ucap JK.

 

 

Sumber : Tempo

Tag : jusuf kalla, nasdem
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top