Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Inovasi Anak Bangsa Dipamerkan di Ritech Expo

Sejumlah produk inovasi karya anak bangsa dihadirkan dalam Ritech Expo di Pekanbaru, Riau, yang digelar pada 9-12 Agustus 2018.
Dika Irawan
Dika Irawan - Bisnis.com 11 Agustus 2018  |  09:44 WIB
Inovasi Anak Bangsa Dipamerkan di Ritech Expo
Menristekdikti Mohamad Nasir (kiri), Presiden ke-3 RI B.J. Habibie (tengah), dan Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman (kanan) dalam pembukaan Ritech Expo di Komplek Gubernur Provinsi Riau, Kota Pekanbaru, Riau, Jumat (10/8). - Bisnis/Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Sejumlah produk inovasi karya anak bangsa dihadirkan dalam Ritech Expo di Pekanbaru, Riau, yang digelar pada 9-12 Agustus 2018.

Ritech Expo merupakan pameran tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dengan menampilkan hasil riset dan inovasi di bidang teknologi. Pameran ini menyajikan berbagai produk inovasi unggulan dari perguruan tinggi, lembaga riset, industri, hingga para inovator yang keseluruhannya merupakan karya anak bangsa.

Dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Sabtu (11/8/2018), beberapa produk inovasi yang ditampilkan adalah miniatur pesawat tanpa awak (LSU-03) dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), peningkatan kapasitas pembangkit listrik tenaga biogas sawit dari Universitas Riau, serta kursi roda otomatis dari Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS).

Ada pula produk inovasi bidang teknologi terapan di era industri 4.0 dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), Maket Solar City dan Solar Rooftop dari PT LEN Industri (Persero), dan pesawat model N219 dari PT Dirgantara Indonesia (Persero).

Pameran yang diselenggarakan di Komplek Rumah Gubernur Riau tersebut menampilkan 200 stan pameran yang diikuti 91 instansi/lembaga terdiri dari 28 perguruan tinggi, 8 Balitbang daerah, 13 Balitbang kementerian/lembaga, 16 industri, 10 unit utama Kemenristekdikti, 9 asosiasi/komunitas, dan 7 mitra luar negeri.

Selain pameran produk-produk inovasi karya anak bangsa, juga diselenggarakan berbagai kegiatan seperti demo produk iptek, seminar iptek, demo sains, temu bisnis, dan berbagai lomba. Tercatat digelar lomba foto profesional, foto handphone, video, vlog, serta menggambar dan mewarnai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

iptek kemenristekdikti
Editor : Annisa Margrit
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top