Australia Jadi Tuan Rumah Pelatihan AU Terbesar Se-Asia Pasifik

Sebanyak 4.000 personel dan 140 pesawat berada di Darwin untuk 3 pekan ke depan, seiring dengan keikutsertaan angkatan udara dari berbagai negara di dunia dalam pelatihan Exercise Pitch Black.
Annisa Sulistyo Rini | 28 Juli 2018 15:12 WIB
Pesawat milik Royal Australian Air Force (RAAF) diparkir menjelang pelaksanaan Exercise Pitch Black 2018 di Pangkalan Udara RAAF di Darwin, Australia, Senin (23/7). - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA -- Langit wilayah pesisir utara Australia dipenuhi pesawat angkatan udara dari 16 negara pada Sabtu (27/7/2018).

Bertempat di Darwin, Australia menjadi tuan rumah pelatihan Angkatan Udara (AU) terbesar se-Asia Pasifik. Sebanyak 4.000 personel dan 140 pesawat berada di Darwin untuk 3 pekan ke depan, seiring dengan keikutsertaan angkatan udara dari berbagai negara di dunia dalam pelatihan Exercise Pitch Black.

Seperti dilansir dari Reuters, pelatihan ini mencakup penerbangan malam hari, pengisian bahan bakar, dan pertukaran pengetahuan satu sama lain antar anggota untuk meningkatkan integrasi kekuatan dengan menggunakan salah satu wilayah pelatihan udara terbesar di dunia.

AU Australia menyatakan pelatihan penerbangan ini pertama kali dilakukan pada 1990 antara Australia dengan Singapura. Dalam latihan ini, diadakan pula simulasi ancaman yang dapat ditemukan di lingkungan ruang pertempuran modern.

"Aktivitas seperti Exercise Pitch Black menunjukkan hubungan kuat yang dimiliki Australia dengan negara-negara yang berpartisipasi dan semakin mempererat hubungan antar negara di Asia Pasifik," demikian pernyataan dari AU Australia.

Adapun negara-negara yang ikut dalam pelatihan ini adalah AS, Kanada, Prancis, Jerman, India, Indonesia, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Belanda, Filipina, Singapura, Swedia, Thailand, Selandia Baru, dan Australia.

Tag : australia, Latihan Militer
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top