Calon Kepala Daerah Gagal Pilkada Ramaikan Pendaftaran Caleg

Setelah gagal dalam Pilkada serentak Juni lalu, sejumlah mantan calon kepala daerah tercatat mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menjadi calon anggota DPR RI dari partai utama pengusung mereka.
John Andhi Oktaveri | 18 Juli 2018 16:00 WIB
Bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat TB Hasanuddin (kiri) dan Anton Charliyan (kanan) - ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA—Setelah gagal dalam Pilkada serentak Juni lalu, sejumlah mantan calon kepala daerah tercatat mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menjadi calon anggota DPR RI dari partai utama pengusung mereka.

Mantan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sumatera Utara Djarot Saiful Hidayat dan Sihar Sitorus dipastikan maju sebagai caleg dari PDIP. Partai tersebut merupakan pengusung utama mereka saat pilkada lalu.

Sedangkan mantan calon wakil gubernur Sumatera Utara yang mendampingi JR Saragih, Ance Selian maju dari dapil sumut mewakili PKB. Pasangan JR Saragih dan Ance sebelumnya gagal bertarung di Sumut karena JR Saragih terjerat kasus ijazah palsu.

Nama mantan calon kepala daerah lainnya yang maju jadi caleg adalah Sudirman Said. Mantan calon gubernur Jawa Tengah yang berpasangan dengan Ida Fauziah itu menjadi jadi caleg DPR dari Partai Gerindra. Sebelumnya dia sempat disebut-sebut akan maju dari PKS.

Dari PDIP, nama TB Hasanuddin dan Anton Charliyan juga maju jadi caleg. Mantan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat itu maju dari dapil provinsi tersebut.

Anton baru pertama kali maju sebagai caleg, sedangkan TB Hasanuddin untuk kedua kalinya dengan dapil yang berbeda karena sebelumnya dia maju dari daerah pemilihan Banten.

Sedangkan mantan calon wakil gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi maju dari dapil Jawa Barat. Dedi merupakan Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat sehingga tak heran kalau dia maju menjadi calon “penghuni Senayan” mewakili partai tersebut.

Tidak kalah dengan Dedi, Ahmad Syaikhu yang juga sama-sama mantan calon wakil gubernur Jawa Barat tercatat sebagai caleg DPR PKS di dapil Jawa Barat.

Tag : caleg, Pileg 2019
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top