Tol Tegal-Brebes Timur Berlakukan One Way

Sebagai upaya untuk mengurai kemacetan, jajaran Polres Kabupaten Tegal menerapkan sistem one way atau sistem satu arah dari timur ke arah barat di ruas Tol Tegal-Brebes Timur.
Alif Nazzala Rizqi | 19 Juni 2018 18:51 WIB
Pintu tol Brebes Timur, tampak di sebelah kanan rombongan Presiden Joko Widodo saat meninjau lokasi. - Antara/Yudhi Mahatma

Bisnis.com, SEMARANG - Sebagai upaya untuk mengurai kemacetan, jajaran Polres Kabupaten Tegal menerapkan sistem one way atau sistem satu arah dari timur ke arah barat di ruas Tol Tegal-Brebes Timur.

Sistem one way itu dilakukan sejak pukul 06.00 WIB pagi tadi menuju Brexit. Dalam penerapan Sistem ini, terdapat empat gardu di pintu masuk tol Kertasari di kilometer 294.

Kasatlantas Polres Tegal AKP Ahmad Ghifar menuturkan penerapan satu arah dilakukan karena volume kendaraan khususnya dari arah timur sangat padat.  

"Jadi penerapan 3-1. Tiga lajur ke arah barat, sedangkan satu lajur untuk darurat. Kami terapkan ini sejak pagi tadi. Sistem satu arah akan terus diterapkan sampai arus lalu lintas dirasa cukup lancar," kata Ghifar Selasa (19/6/2018).

Sementara itu, antrian kendaraan memanjang sekitar 2 kilometer di Gerbang Tol Kertasari di kilometer 294 ke arah barat. Antrean sepanjang 2 kilometer itu terjadi sejak pagi tadi karena jumlah volume kendaraan yang terus bertambah hingga siang ini.

Disisi lain, Kapolres Tegal AKBP Dwi Agus Prianto menyebut ada kenaikan jumlah volume kendaraan sangat drastis masuk ke Gate Toll Kertasari, Suradadi, Kabupaten Tegal, ke arah barat.

Dia mengatakan, jumlah kendaraan yang melalui Gerbang Tol Kertasari meningkat cukup tajam dibanding hari Senin (18/6) kemarin. Secara rinci, jumlah kendaraan yang masuk pada Senin kemarin dari Pukul 00.00 sampai 11.59 WIB mencapai 7.841 kendaraan.

Pada pukul 12.00 hingga 23.59 WIB meningkat sangat drastis dengan total jumlah kendaraan mencapai 23.079 unit.

"Pada Selasa (19/6) ini, total kendaraan yang melalui Gerbang Tol Kertasari ke arah barat mencapai 20.680 unit. Jadi, meningkat sangat drastis dari hari sebelumnya," ujarnya.

Secara perhitungan, total jumlah kendaraan yang masuk ke Gate Toll Kertasari meningkat sebesar 200 persen dari hari Senin (18/6/2018) pada H+3 kemarin.

Hingga H+4 ini, total kendaraan yang masuk mengalami stagnan di angka 20 ribuan unit. Menurut Dwi Agus, jumlah tersebut membuat pihaknya harus menerapkan satu arah 3-1 ke arah barat.

"Jalur satu arah  ke arah barat sudah diterapkan sejak malam kemarin. Sebab, jumlah kendaraan yang masuk meningkat sangat pesat untuk arus balik pada hari ini," katanya.

Tag : Mudik Lebaran 2018
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top