Generasi Milenial Lebih Mudah Amalkan Nilai Pancasila

Generasi milenial lebih mudah mengamalkan nilai-nilai Pancasila dengan perkembangan teknologi komunikasi.
Newswire | 24 Mei 2018 22:23 WIB
Ilustrasi - Antara

Kabar24.com, JAKARTA - Generasi milenial lebih mudah mengamalkan nilai-nilai Pancasila dengan perkembangan teknologi komunikasi.

"Saya tidak melihat nilai-nilai Pancasila luntur pada saat ini, justru dengan perkembangan teknologi komunikasi yang semakin canggih nilai-nilai empati semakin hebat," ujar Panglima Kodam Jaya Mayjen TNI Joni Supriyanto.

Dia mengungkapkan hal itu seusai menjadi pembicara kunci dalam seminar bertajuk Implementasi Nilai-Nilai Pancasila bagi Generasi Milenial Zaman Now di Universitas Tarumanagara, Jakarta, Kamis.

Dia memberikan contoh dengan perkembangan media sosial, semakin banyak masyarakat yang tergugah untuk membantu sesama. Misalnya, dengan mendonasikan sejumlah uang untuk membantu yang tidak mampu.

Kondisi tersebut, ujar Joni, berbeda dengan kondisi dirinya ketika masih muda yang mana sulit untuk berbuat seperti itu. Justru dengan perkembangan teknologi komunikasi semakin mempermudah generasi muda untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

"Saya pikir, zaman 'now', semakin mudah untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Apalagi dengan perkembangan teknologi komunikasi," tegasnya.

Nilai-nilai Pancasila, kata Joni, harus melekat pada diri bangsa. Mahasiswa sebagai kaum intelektual harus bisa mentransfer nilai-nilai Pancasila tersebut ke masyarakat luas.

Pangdam juga menyebut nilai-nilai Pancasila harus ditanamkan sejak dini.

Rektor Universitas Tarumanagara, Prof Agustinus Purna Irawan, mengatakan nilai-nilai Pancasila harus tetap diperkenalkan agar nilai-nilai tersebut tetap terbawa kemana pun nanti para mahasiswa tersebut bekerja.

"Nilai-nilai itu yang mewarnai cinta Tanah Air dan menjadikan Pancasila sebagai pegangan hidup," ungkapnya.

Tag : pancasila
Editor : Bambang Supriyanto

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top