Menkopolhukam Wiranto Berharap KSAL Baru Atasi Kejahatan Laut

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto berharap Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) yang baru Laksamana Madya TNI Siwi Sukma Adji dapat membantu mengatasi aneka kejahatan yang terjadi di laut.
Yodie Hardiyan | 23 Mei 2018 15:33 WIB
Pejabat baru Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksdya TNI Siwi Sukma Adji melakukan sumpah jabatan ketika pelantikan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/5/2018). - ANTARA/Wahyu Putro A

Kabar24.com, JAKARTA — Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto berharap Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) yang baru Laksamana Madya TNI Siwi Sukma Adji dapat membantu mengatasi aneka kejahatan yang terjadi di laut.

Pernyataan itu disampaikan oleh Wiranto di halaman Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/5/2018) seusai menghadiri pelantikan Siwi sebagai KSAL baru menggantikan Laksamana Ade Supandi.

Wiranto menyatakan sejumlah kejahatan yang terjadi di atas laut antara lain penyelundupan narkoba, perdagangan manusia, penangkapan ikan ilegal dan sebagainya.

"Itu kan semua lewat laut, lewat daratan nggak ada. Kita kan negara kepulauan maka peran Angkatan Laut untuk menjaga maritim kita dari aksi-aksi itu sangat dominan, sangat strategis," kata Wiranto.

Wiranto mengatakan pergantian pejabat merupakan hal yang biasa. Suatu unit atau kesatuan, ujar Wiranto, mengalami proses regenerasi.

Pejabat baru seperti Siwi dianggap merupakan pilihan yang terbaik dan hasil dari seleksi sistematis.

"Betapa kita saat ini mencoba sedang fokus ke poros maritim, ya sebagai negara maritim akan kembali bangkit untuk mempunyai kawasan maritim yang handal di kawasan. Tentunya tugas Angkatan Laut akan sangat berat. Saya yakin dengan kemampuan dan pengalaman beliau akan menyelssaikan masalah dengan baik," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
maritim, wiranto, ksal

Editor : Stefanus Arief Setiaji

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top