Kembali Erupsi, Sinabung Berstatus Awas

Gunung Sinabung yang terletak di Kabupaten Karo, Sumatra Utara kembali erupsi pada Minggu (20/5/2018) sekitar pukul 21.22 WIB.
Juli Etha Ramaida Manalu | 21 Mei 2018 01:14 WIB
Gunung Sinabung menyemburkan material vulkanik ketika erupsi, di Karo, Sumatra Utara, Senin (19/2/2018). - ANTARA/Maz Yons

Bisnis.com,MEDAN – Gunung Sinabung yang terletak di Kabupaten Karo, Sumatra Utara kembali erupsi pada Minggu (20/5/2018) sekitar pukul 21.22 WIB.

Berdasarkan data dari situs https://magma.vsi.esdm.go.id, ketinggian abu mencapai 500 meter dengan intensitas asap tebal. Aktivitas Gunung berapi ini pun ditetapkan berada pada level IV atau status Awas.

"Masyarakat dan pengunjung atau wisatawan tidak melakukan aktivitas di dalam radius 3 kilometer (km) untuk sektor Utara-Barat, 4 km untuk sektor Selatan-Barat, dan dalam jarak 7 km untuk sektor selatan-tenggara, di dalam jarak 6 km untuk sektor tenggara-timur, serta di dalam jarak 4 km untuk sektor utara-timur Gunung Sinabung," imbau situs tersebut seperti Minggu (20/5/2018).

Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung pun diminta agar tetap waspada terhadap potensi bahaya lahar. 

Mengingat telah terbentuk bendungan di hulu Sungai Laborus, penduduk yang bermukim dan beraktivitas di sekitar hilir daerah aliran sungai Laborus juga diminta agar tetap menjaga kewaspadaan karena bendungan tersebut sewaktu-waktu dapat jebol karena tidak kuat menahan volume air sehingga mengakibatkan lahar/banjir bandang ke hilir. 

Tag : gunung sinabung
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top