Jelang Pilkada, Kapolri Lantik Sekaligus Tiga Kapolda Baru

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian resmi mengangkat tiga Kapolda baru yaitu Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB), Kapolda Maluku Utara, dan Kapolda Sulawesi Tengah
Sholahuddin Al Ayyubi | 19 April 2018 16:17 WIB
Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian - ANTARA/Puspa Perwitasari

Bisnis.com, JAKARTA--Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian resmi mengangkat sekaligus tiga Kapolda baru yaitu Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB), Kapolda Maluku Utara, dan Kapolda Sulawesi Tengah.

Kapolda NTB yang sebelumnya dijabat Brigjen Pol Firli kini dijabat Brigjen Pol Achmat Juri. Kemudian Kapolda Sulawesi Tengah yang sebelumnya dijabat Brigjen Pol I Ketut Argawa beralih ke Brigjen Pol Ermi Widyatno. Sedangkan Kapolda Maluku Utara yang sebelumnya dijabat oleh Achmat Juri kini disandang Brigjen Pol Naufal Yahya.

Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol Setyo Wasisto menjelaskan mutasi jabatan pada Korps Bhayangkara tersebut merupakan hal yang wajar agar roda organisasi Kepolisian terus berjalan dengan baik. Dia menjelaskan mutasi juga rutin dan biasa terjadi di institusi Polri, terutama pada saat akan terjadi event besar nasional seperti Pilkada serentak 2018 dan Pilpres 2019 nanti.

"Ini hanya mutasi rutin biasa. Mutasi ini kami lakukan karena memang ada kepentingan dari organisasi yang lebih besar dan memerlukan percepatan karena situasional," tutur Setyo, Kamis (19/4/2018).

Menurutnya, Korps Bhayangkara tidak hanya melakukan mutasi terhadap tiga Kapolda. Polri juga telah melantik Kepala Divisi Hukum (Kadivkum Polri) baru dari yang sebelumnya dijabat Irjen Pol Agung Sabar Santoso kini dijabat Brigjen Pol Mas Guntur Laupe.

Setyo menambahkan Kepala Sekretariat Umum (Kasetum) Polri yang sebelumnya dijabat Kombes Pol Ratnawati Hadiwidjaya kini dijabat Kombes Pol Sang Made Mahendra Jaya.

"Jadi kembali lagi intinya mutasi ini semata-mata agar roda organisasi berjalan dengan baik ya. Mutasi ini adalah hal yang biasa dan sering terjadi di Kepolisian," kata Setyo.

Tag : polri, polda
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top