Diam-diam, Ternyata Kim Jong-un Kunjungi China

Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un dilaporkan berkunjung ke Beijing secara diam-diam sebagai kunjungan pertamanya ke luar negeri setelah menjadi pemimpin negara itu pada 2011, menurut sejumlah laporan.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 27 Maret 2018  |  10:39 WIB
Diam-diam, Ternyata Kim Jong-un Kunjungi China
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menyambut seorang anggota delegasi khusus Presiden Korea Selatan saat makan malam, 6 Maret 2018. Foto dirilis Kantor Berita Korea Utara. - Reuters

Kabar24.com, JAKARTA - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un dilaporkan berkunjung ke Beijing secara diam-diam sebagai kunjungan pertamanya ke luar negeri setelah menjadi pemimpin negara itu pada 2011, menurut sejumlah laporan.

Tiga sumber yang tidak mau disebutkan namanya sebagaimana dikutip Theguardian.com, Selasa (27/3/2018), menyatakan pemimpin Korut itu tengah berada di Ibu Kota China tersebut.

Media Jepang sebelumnya melaporkan bahwa “kereta khusus” yang mengangkut para pejabat tinggi Korut telah tiba di Bijing pada Minggu (25/3/2018) waktu setempat.

Kedua pejabat tinggi membahas hubungan kedua negara. Akan tetapi Kemenlu China mengaku tidak mengetahui pertemuan itu.

Dukungan China atas sanksi internasional terhadap Korut dengan alasan negara itu mengembangkan senjata nuklir, telah merusak hubungan kedua negara yang bersekutu sejak lama.

Presiden China Xi Jinping menyatakan provokasi senjata nuklir Korut telah mengancam keamanan nasional negaranya.

Media setempat menunjukkan cuplikan sebuah kereta tengah melaju di kawasan Kota Dandong yang berbatasan dengan Korut. Sedangkan kantor berita Kyodo menyebut sejumlah hotel dekat jembatan persahabatn Chian-Korut, antara Dandong dan Sinuiju di Korut, menolak pemesanan kamar sejak Minggu (25/3/2018).

Langkah itu diduga untuk menghindari tamu yang tidak diinginkan untuk melihat kereta api tersebut. Sedangkan, sebuah mobil dengan pelat nomor Kedutaan Besar Korut terliha

t kemarin berada di dekat Balai Rakyat China tempat para tamu asing biasanya dijamu.Menurut sejumlah laporan, keamanan di sepanjang Changan Avenue di Beijing dijaga ketat tidak seperti biasanya. Para turis juga dilarang lewat di dekat Lapangan Tiananmen.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
china, Korea Utara

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top