Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tempe bakal Daftarkan Diri ke Unesco pada 2021

Tempe, penganan yang berbahan dasar kedelai direncanakan bakal mendaftarkan diri ke United Nations Educational Scientific and Cultural Organization (UNESO) pada 2021 setelah berhasil diterima menjadi warisan budaya nasional di Indonesia.

Kabar24.com, SURABAYA - Tempe, penganan yang berbahan dasar kedelai direncanakan bakal mendaftarkan diri ke United Nations Educational Scientific and Cultural Organization (Unesco) pada 2021 setelah berhasil diterima menjadi warisan budaya nasional di Indonesia.

Ketua Forum Tempe Indonesia, Made Astawan mengatakan sebelum diusulkan menjadi warisan budaya dunia di Unesco, tempe harus terlebih dahulu diterima dan diakui sebagai warisan budaya nasional. Sejak beberapa tahun lalu, FTI sendiri terus berupaya memperjuangkan tempe untuk bisa go internasional.

"Kita harus bersyukur bahwa tempe baru saja diterima dan ditetapkan Indonesia sebagai warisan budaya nasional pada Oktober tahun lalu sehingga siap untuk maju ke UNESCO pada 2021 untuk mendapat pengakuan," jelasnya di sela-sela Soy Insight - 13th SE-Asia Soy Food Symposium, Selasa (20/3/2018).

Dia menjelaskan apabila tempe masuk dalam UNESCO, diyakini dapat menggairahkan masyarakat Indonesia terutama kaum muda yang kreatif dalam mengembangkan produk tempe beserta inovasinya.

"Seperti halnya batik yang akhirnya diterima UNESCO pada 2009. Dampaknya anak muda sekarang tanpa malu semua pakai batik bahkan dimodifikasi," katanya.

Dia berharap, ke depan anak muda pun tidak malu-malu lagi makan tempe karena tempe diterima di dunia, dan selalu dihidangkan di setiap sudut tempat seperti hotel, restoran, bahkan sekarang ini sudah kerap dijadikan menu makanan di dalam penerbangan hingga ekspor dan diterima oleh 20 negara seperti Jepang, Inggris, Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa lainnya.

Made menambahkan, syarat untuk maju ke UNESCO cukup berat, salah satunya dokumen harus lengkap. Namun dirinya yakin tempe Indonesia bisa diterima meski negara lain ada juga yang mengajukan tempe.

"Kami yakin Indonesia yang diterima, karena kami punya bukti yang kuat, ada di buku serat chentini yang menunjukan bahwa tempe sudah dikenal sejak abad ke-16," imbuhnya.

Ke depan, lanjutnya, masyarakat Indonesia harus mau mencoba dan belajar memproduksi tempe dengan cara yang higienis agar mampu memenuhi standar internasional dan dapat diterima pasar dunia.

"Bikin tempe itu gampang dan tidak mahal, tapi kalau memenuhi standar itu yang sulit. Jadi kita harus memperbaiki cara produksi, misal harus cuci tangan, pakai sarung tangan, tidak pakai drum bekas lagi tapi pakai stainless steel," katanya.

Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS), Agustinus Ngadiman mengatakan tempe sudah sangat layak menjadi warisan budaya dunia karena keberadaanya di Indonesia punya bukti dan sejarah panjang.

"Di Jawa, tempe selalu digunakan sebagai simbol sebuah tradisi misalnya di Yogyakarta dan Sleman yang masih kentel, mereka selalu memasukan unsur tempe ke dalam tumpeng atau makanan untuk memperingati hari kematian saudaranya, untuk kenduri, maulid nabi, bahkan di Kraton jadi salah satu sesaji para raja," ungkapnya.

Selain daerah di Jawa Tengah, di Jawa Timur pun yang masih daerah Matraman seperti Madiun, Ponorogo, Pacitan dan Trenggalek juga masih kental dengan tradisi yang mengikutkan unsur tempe.

"Bahkan cara memakannya pun punya makna, seperti dibungkus daun pisang ataupun disajikan dalam lembaran daung pisang bersama nasi dan lauk lainnya, dan tempe tidak dipotong-potong karena melambangkan kesatuan," jelasnya.

Sebagai bukti lain, pada 1925-1985 pun terdapat lagu tradisional Tahu-tahu tempe oleh Ki Nartosabdo (1925-1985) hingga ada istilah 'isuk tempe sore dele' (pagi tempe, sore kedelai) yang menggambarkan situasi makanan pokok masyarakat dulu adalah tempe.

Meski hanya sekitar 30% bahan baku tempe atau kedelai yang diproduksi lokal dan 70% kedelai impor, tapi tidak membedakan rasa tempe. Ngadiman berharap pemerintah peduli terhadap warisan budaya ini, salah satunya meningkatkan produksi kedelai lokal agar tidak ketergantungan dengan impor.

"Pemerintah harus menggerakkan lagi tanam kedelai, dan sawah yang subur jangan dihabiskan untuk pembangunan rumah. Saya yakin produksi kedelai banyak membawa manfaat dan ekonomi," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper